Hosting Indonesia

Thursday 18 June 2015

Apa itu Facebook Advertising dan Facebook Viral Marketing



Sis and Bro yang namanya pengguna Facebook (FB) di seluruh dunia semakin bertambah, sehingga menjadikan media sosial menjadi sangat favorit di masyarakat. Dengan FB kita bertemu dengan teman lama, berbagi cerita (foto dan video), mendapatkan informasi, bisa belanja, bisa berbisnis, bisa chatting, tempat curhat dan bahkan ketemu jodoh disana.


Selain itu FB juga menawarkan fasilitas penunjang untuk bisnis dan berorganisasi diantaranya Sis and Bro bisa membuat Facebook page dan membuat group dengan topik sesuai bidang/topik tertentu. Jika Anda berbisnis, sebaiknya memanfaatkan fasilitas FB page untuk publikasi produk dan profil usaha. Jangan menggunakan akun personal yang tentunya bisa jadi mengganggu teman-teman Anda. 

Untuk itu kita harus menarik garis tegas bahwa akun Anda adalah untuk urusan personal walaupun itu bisa disisipi untuk bisnis. Tentukan porsi nya untuk update status informasi personal dan informasi bisnis. Kalau terlalu banyak porsi status bisnis, teman-teman Anda akan bosan membaca nya dan akhirnya terkucilkan sendiri.


Jadi kekuatan sosial yang dimiliki FB mampu jadi alat marketing yang murah dan ampuh. Kalau di dunia nyata kita mengenal sebuah brand/produk yang tersebar dari mulut ke mulut, maka di FB punya kemampuan tersebut yang hal itu biasa disebut Viral Marketing, marketing dari satu pengguna FB ke pengguna lainnya. Produk kita berpotensi tersiar dari satu pengguna ke pengguna FB lainnya. Bagaimana cara nya?


Manfaatkan jaringan pertemanan

Lebih lanjut lagi bahwa kita sebagai pribadi sosial, tentunya kita punya teman di FB. Setelah membuat Facebook page, undang teman-teman untuk Suka/Like page Sis and Bro. Teman yang sudah klik tombol Suka/Like disebut fans. Bagaimana jika belum punya teman banyak? Sis and Bro bisa mencari fans menggunakan penawaran Facebook Advertising atau iklankan FB page. Tentunya hal ini berbayar. Fans yang terkumpul adalah aset Sis and Bro untuk melakukan marketing.


So..intinya bahwa efek viral marketing adalah ketika teman Sis and Bro klik tombol suka pada FB Page. Aktivitas suka itu akan tampil di News Feed teman-temannya. Jika teman-temannya klik suka maka akan tampil di news feed jaringan pertemannya. Aktivitas ini berpotensi hasilkan fans baru. 

Jika Sis and Bro masih bingung, begini saja, Sis and Bro punya FB page, undang si A untuk suka. Jika si A klik tombol suka maka aktivitas suka ini akan tampil di news feed teman-temannya. Salah satu temannya, katakanlah si B klik suka maka aktivitas ini akan tampil di news feed teman-temannya.


Buat status yang menarik dan bermanfaat

Sebagai catatan penting, yaitu ketika kita mempunyai FB page jangan penuhi status dengan informasi berjualan saja. Berikan porsi status yang sifatnya mendidik atau menyenangkan agar mengundang interaksi fans. Bisa jadi para fans akan klik suka atau berkomentar terhadap status Sis and Bro. Sesekali ajak para fans untuk share status tersebut jika mereka merasakan manfaatnya.

Yang harus kita tahu yaitu bahwa isi informasi status mempunyai kekuatan interaksi yang berbeda-beda. Isi status yang hanya memuat informasi teks akan berbeda interaksi jika Sis and Bro membuat status disertai dengan gambar. Secara penyampaian makna, gambar lebih banyak bercerita daripada informasi berbasis teks. 

Untuk itu jadwalkan update status secara periodik agar fans tahu bahwa bisnis Sis and Bro dinamis, semisal 3 kali sehari. Semakin banyak intensitas update status maka semakin baik.


Buatlah website

Kita harus menjaga agar keberadaan website tetap menjadi media lengkap dan terorganisir bagi bisnis Sis and Bro. Informasi bisnis terkategorisasi menjadi halaman-halaman yang khusus menampilkan produk, profil, cara belanja, testimonial, cara pembayaran, kontak, dll. 

Pada saat sekarang ini, sebenarnya membuat website itu mudah, karena saat ini banyak program CMS (Content Management System) semisal WordPress, Joomla, Drupal yang bisa diinstal dengan mudah agar menjadi tampilan sebuah website. Tinggal instal melalui kontrol panel web hosting dan Sis and Bro siap isi informasi bisnis Sis and Bro.


Jangan lupa kadang-kadang sambungkan URL/alamat tertentu dalam website menjadi sebuah status di FB page. Maka fans akan klik link tersebut dan mendarat di website Sis and Bro. Jadi bisa dikatakan bahwa FB page adalah kanal menuju website tempat semua informasi bisnis Sis and Bro.

Sebagai kesimpulan : yang namanya marketing melalui FB page mempunyai banyak potensi positif bagi bisnis Sis and Bro. Masyarakat dari semua strata minat akan mengetahui bisnis Sis and Bro. Informasi bisnis akan melekat di benak mereka dan punya potensi hasilkan penjualan.

Cukup sekian semoga bisa menginspirasi dan salam hangat Kopi Banaran....!


No comments:

Post a Comment