Hosting Indonesia

Wednesday 23 September 2015

Apa Strategi SEO dari Pesaing Kita




Pastinya bagi Sis and Bro yang memiliki bisnis berupa website, ataukah bisnis lain yang mengandalkan pemasaran menggunakan website, pastilah sudah pernah mendengar istilah Search Engine Optimization alias SEO. Secara ringkas, SEO adalah rangkaian proses yang diupayakan agar ada peningkatan trafik kunjungan ke sebuah website dengan cara memanfaatkan algoritma suatu mesin pencarian.


Maka dari itu, seringkali kita melihat pesaing atau website lain yang memiliki tingkat kunjungan lebih tinggi dari website yang kita miliki. Tidak ada salahnya bagi kita untuk mempelajari strategi yang mereka gunakan. Bukan berarti kita hanya ikut-ikutan saja, tetapi dalam bisnis kita dituntut untuk selalu belajar dari siapapun juga, termasuk pesaing.


Untuk lebih jelasnya, ada baiknya kita mengenal dulu secara singkat makna dari pesaing di sini. Ada tiga jenis pesaing yang perlu Sis and Bro mengerti. Pertama, pesaing yang berbagi pasar dengan kita, yang menjual barang yang sama dengan yang kita jual. 

Kedua, pesaing yang menjual produk yang berbeda, tetapi memenuhi jenis kebutuhan konsumen yang sama. Misalnya, Sis and Bro punya perusahaan taksi, pesaing Sis and Bro adalah Go-Jek. Ketiga, pesaing yang menjual produk yang berbeda, tetapi dapat merebut pelanggan Sis and Bro.




Selanjutnya dari ketiga jenis pesaing tersebut, kita bisa memelajari bagaimana strategi SEO mereka. Tentu saja kita harus memilih pesaing yang lebih baik dari perusahaan atau website yang kita miliki. Lantas apa saja yang bisa kita perhatikan?


Kita harus Mempelajari Bahasa yang Digunakan Pesaing Sis and Bro Ketika Bicara dengan Klien

Tentu saja kita harus menerjemahkannya ke dalam konteks website. Penekanan di sini adalah soal keyword atau kata kunci. Kata kunci adalah kata atau frasa yang diketikkan oleh pengguna di mesin pencarian untuk menemukan suatu informasi. Setiap kata kunci sebenarnya merepresentasikan kebutuhan seseorang untuk menemukan sebuah pelayanan, produk, ataupun informasi yang relevan. 

Jadi ketika Sis and Bro lalai memanfaatkan kata kunci, Sis and Bro juga tak akan kedatangan klien yang membutuhkan Sis and Bro. Maka pelajarilah bagaimana pesaing Sis and Bro menggunakan kata kunci, maka Sis and Bro akan mengetahui bagaimana mereka membina komunikasi dengan klien mereka. Salah satu cara yang dianggap mudah adalah dengan menggunakan bantuan tools tertentu seperti Open Site Explorer, Alexa, dan sebagainya.


Kita Juga harus Mempelajari AdWords yang Digunakan Pesaing

Advertising atau periklanan adalah bagian paling esensial dari setiap kampanye pemasaran suatu produk. Saking pentingnya, suatu kesalahan bisa jadi sangat merugikan Sis and Bro. Wujudnya bisa jadi memilih audiens yang salah, pesan yang salah, atau penempatan yang salah akan membuang uang Sis and Bro. 

Itulah mengapa sering dikatakan bahwa pengiklanan bukanlah lahan untuk bereksperimen. Lantas, apa saja yang perlu kita lihat dari pesaing kita terkait ini?


  a. Apa daftar kata kunci pengiklanan yang digunakan pesaing. Setiap kata kunci yang mereka gunakan adalah nama dari produk yang mereka jual. Membandingkan daftar kata kunci mereka dengan kata kunci yang kita sendiri gunakan akan membantu Sis and Bro untuk menemukan kesenjangan yang menarik untuk kita atasi.

b. Buatlah analisa terhadap kalimat-kalimat iklan yang mengundang audiens untuk datang. Membaca kalimat iklan milik pesaing yang biasanya diletakkan di bagian paling atas hasil pencarian bisa jadi sangat berguna. Kita bisa tahu kata-kata penarik apa yang mereka gunakan. Perhatikan juga bagaimana cara mereka memberikan penawaran secara khusus, misalnya, memberikan potongan, bonus, dan sebagainya.
 
Cara membuat analisa AdWords sebenarnya bukan hanya mengumpulkan atau membandingkan kata-kata iklan. Ini adalah soal mengidentifikasi penawaran baru dan tren yang berlaku di pasar. Itulah mengapa mempelajari AdWords adalah sebuah keuntungan bagi Sis and Bro sendiri.




Kita juga harus Memberikan Backlink

Sis and Bro sudah pernah mendengar link-building? Ini adalah bagian lain dari strategi optimisasi. Konsepnya adalah semacam merekomendasikan seorang kawan pengusaha kepada klien kita karena kita mengetahui kualitas dan menghormati teman kita itu. Jadi ini terjadi ketika sebuah tautan website direkomendasikan oleh website yang lain. 

Itulah mengapa link-building menjadi penting layaknya partner dan promosi dalam bisnis yang biasa. Sis and Bro bisa memanfaatkan blog dan majalah untuk membantu Sis and Bro memberitahukan kepada pelanggan soal produk dan layanan yang Sis and Bro tawarkan.


Sebenarnya ada beberapa tools khusus yang dapat Sis and Bro gunakan untuk mengetahui daftar website apa saja yang memiliki tautan ke website pesaing Sis and Bro. Yang perlu Sis and Bro lakukan adalah menawarkan kerja sama link-building ini dengan website yang memiliki peringkat yang bagus. Salah satu tools terbaik yang sering direkomendasikan adalah Ahrefs. Keuntungan dari ini adalah tersedianya kapasitas besar untuk melihat data.


Kemudian Bandingkan Website Sis and Bro

Jadi pada dasarnya ini bukan lagi soal membandingkan SEO saja, tetapi ini adalah informasi penting yang perlu Sis and Bro ketahui. Ada hal-hal lain yang bisa Sis and Bro bandingkan antara website Sis and Bro dengan pesaing Sis and Bro. Berikut aspek-aspek lain yang layak untuk Sis and Bro perbandingkan tanpa menggunakan tools khusus, cukup tajamkan pandangan Sis and Bro:


   1. Homepage.

Bagian ini harus menyediakan informasi dasar soal produk atau layanan Sis and Bro, serta informasi dasar (kontak) tentang Sis and Bro. Jenis informasi apakah yang ada di website Sis and Bro? Apakah cukup menarik bagi audiens?

2. Site map. 
Ini adalah soal layout dan kemudahan audiens untuk menemukan produk yang mereka inginkan. Apakah Sis and Bro sudah mengatur website Sis and Bro sehingga mudah digunakan? Apakah mudah untuk menemukan produk tertentu? Butuh berapa klik untuk menemukan apa yang Sis and Bro cari?

3. Penggunaan.  
Apakah website yang Sis and Bro gunakan sudah termasuk user-friendly? Apakah semuanya bisa dipahami dengan mudah? Berapa waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran dan pemesanan produk?

 4. Desain.  
Seakan remeh, padahal ini penting sekali. Desain haruslah bersih, jelas, dan mudah untuk bernavigasi melakukan pencarian. Selain itu, desain adalah karakter khusus dari website Sis and Bro. Pastikan membuat pengunjung nyaman berada di sana. 

5. Konten. 
Ini hal terakhir yang sangat penting. Semua yang ada di atas akan percuma kalau Sis and Bro memasukkan konten yang buruk. Buatlah konten yang menarik, lengkap, dan pastikan Sis and Bro menyediakan ruang untuk berinteraksi.  
Pada intinya dari perbandingan SEO ini dan berbagai aspek di website tersebut kita tentunya perlu menyadari bahwa kita bukan bertujuan untuk menjiplak strategi yang mereka terapkan. Seperti yang kiya ketahui bahwa Strategi SEO dan pemasaran adalah resep yang tidak selalu bisa digunakan pada setiap kondisi, artinya, butuh seni juga untuk bisa memaksimalkan penggunaannya dalam masalah ini.

Cukup sekian semoga bisa menginspirasi dan salam hangat Kopi Banaran...!

No comments:

Post a Comment