Hosting Indonesia

Monday 28 September 2015

Apa Uraian Jabatan Seorang Sosial Media Manager di Perusahaan




Sis and Bro, biasanya yang namanya Sosial Media Manager didalam sebuah perusahaan dibawah departemen Marketing Communication, namun kebijakan dari beberapa perusahaan atau tergantung struktur organisasi yang ada bisa juga berbeda-beda departemennya.


Sis and Bro, sebenarnya apa sih tujuan sebenarnya untuk adanya jabatan Sosial Media Manager


Banyak dan bermacam-macam sebenarnya, namun setelah dirangkum pada intinya adalah sebagai berikut : 


Bisa   mengimplementasikan strategi social media perusahaan, membangun brand awareness, meningkatkan lalu lintas pengunjung ke situs web dan mendorong penggunaan produk/layanan. Pemegang jabatan ini banyak berhubungan dengan team Marketing dan Publik Relation untuk mendukung misi masing-masing divisi itu, sambil memastikan konsistensi dalam pesan-pesan yang disampaikan di jejaring sosial.


Kemudian apa tugas dan tanggung jawabnya?

Kelihatannya hanya sedikit dan sulit diuraikan, namun setelah ditimbang-timbang, ternyata banyak juga ya tugas dan tanggungjawabnya, berikut diantaranya :


· Mengimplementasikan strategi social media, berkoordinasi dengan semua stakeholder di perusahaan untuk memastikan efektivitas kegiatan di social media, mengadopsi teknik-teknik social media yang relevan ke dalam budaya perusahaan dan ke dalam produk dan layanan perusahaan.


· Bekerjasama dengan tim Product Development untuk memastikan produk tetap update dengan tools social media terbaru (misalnya Facebook Connect, Twitter Share, dll) 


· Mengelola aktivitas campaign di social media dan aktivitas sehari-hari. Tugas sehari-hari termasuk mendukung aktivitas Public Relations bersama komunitas, mendukung program promo, dll


· Mengelola keberadaan perusahaan di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain, mengupdate blog, dan mensuplai konten kepada aplikasi sosial yang memerlukan.


· Menjadi wakil perusahaan dalam area social media, terlibat dalam dialog dan menjawab pertanyaan yang dapat dijawab langsung.


· Memonitor benchmark dan mengukur dampak program-program di social media, menganalisa, mereview dan melaporkan efektivitas campaign untuk memaksimalkan hasil yang dicapai.


· Secara rutin memberikan feedback dari insight yang diperoleh dari memonitor percakapan di social media kepada tim Marketing maupun tim lain yang membutuhkan, agar mereka dapat mengembangkan strategi sesuai dengan masukan dari pengguna.


· Memonitor perkembangan di bidang aplikasi dan tools social media.


Pasti setelah itu kita juga ingin mengetahui, spesifikasi jabatannya seperti apa? Terutama jika Sis and Bro bekerja membidangi di bagian personalia atau di PSDM, nah berikut diantaranya spesifikasi yang diperlukan untuk mencari karyawan di bidang Sosial Media Manager :


· Mempunyai kemampuan manajemen proyek ( project management) 


·  Memiliki pengetahuan mendalam dan pemahaman tentang platform-platform social media (Facebook, Digg, Youtube, Twitter, Flickr, dan lain-lain) dan bagaimana platform tersebut dapat digunakan dalam berbagai skenario berbeda 


· Memiliki pengetahuan tentang ekosistem blog yang berhubungan dengan bidang perusahaan 
· Memiliki kemampuan untuk mengkomunikasikan informasi dan gagasan secara tertulis dan verbal 
·  Kemampuan membangun dan mempertahankan relasi 
· Selain itu juga haruslah seorang team player, dengan kepercayaan diri yang tinggi untuk memimpin dan membimbing departemen lain bila diperlukan 
· Pengertian teknis yang memadai dan dapat memilih tools baru dengan cepat 
·  Pemahaman yang baik tentang prinsip-prinsip SEO

·  Pengalaman di bidang Public Relations, Marketing, Sales, dan Community Management adalah nilai tambah tersendiri.


Nah Sis and Bro uraian jabatan di atas adalah uraian jabatan secara umum dan tentunya di setiap perusahaan dapat berbeda-beda. Jika di perusahaan sudah ada karyawan yang dipandang mampu, tentunya tidak perlu melakukan rekruitmen karyawan baru, tinggal memanfaatkan dan memberikan sedikit pelatihan serta pemahaman pekerjaannya. 

Sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran...!
===============================================

No comments:

Post a Comment