Hosting Indonesia

Monday 21 September 2015

Bagaimana membangun kredibilitas Toko Online





Sis and Bro seperti kita ketahui bahwa setiap harinya, jutaan orang bahkan milyaran orang mengakses Internet dan social media. Tentunya hal ini akan sangat membantu  pengusaha untuk terhubung dengan pasar dan pelanggan yang lebih besar dalam satu media atau forum. Memulai dan mengembangkan bisnis online adalah kemungkinan yang sangat nyata jika Sis and Bro membangun dengan fokus yang tepat.


Namun kenyataannya banyak pengusaha yang merasa frustasi saat membangun pengalaman bisnis online mereka. Sementara peluang besar, namun persaingan pun sangat ketat. Tidak ada statistik yang pasti, tetapi ada banyak pengusaha yang berhenti dalam waktu satu tahun setelah memulai bisnis onlinenya menggunakan website mereka.  Sebenarnya alasan mereka untuk berhenti dan tidak melanjutkan bisnis mereka adalah memang alasan yang sangat umum dan bisa diantisipasi sebelumnya.


Sis and Bro mungkin sudah memiliki website yang sangat keren dan dibuat dengan biaya yang cukup mahal, namun hal tersebut akan terasa sia-sia apabila tidak ada satu pun pelanggan yang dihasilkan dari website maupun toko online Sis and Bro. Untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh setiap pengusaha dalam membangun kredibilitas bisnis online di mata pelanggan seperti hal-hal dibawah ini:


Membuat komunitas pelanggan seperti Grup Facebook, Tweeter dll.

Kalau kita melihat Grup Facebook, adalah merupakan tempat yang sangat tepat untuk bisa terhubung dengan audiens Sis and Bro dan mengkonversikannya ke pelanggan. Sebuah komunitas pelanggan seperti Grup Facebook tidak hanya berperan sebagai media promosi, namun juga menjadi sarana untuk membangun loyalitas atau engagement  pelanggan, yang bahkan seringkali digunakan sebagai alat penelitian pasar sebelum perusahaan merilis suatu produk. 

Grup ini sekaligus bisa difungsikan menjadi public relation yang memungkinkan pelanggan-pelanggan Sis and Bro memberikan testimoninya terhadap produk Sis and Bro dan secara tidak langsung dapat mempengaruhi calon pembeli produk Sis and Bro sehingga dapat dikatakan komunitas pelanggan seperti Grup Facebook ini dapat menjadi media promosi kepada masyarakat lebih luas. Melalui komunitas akan menimbulkan citra merek yang baik, brand awareness yang tinggi, serta loyalitas atas merek yang kuat sehingga dapat membangun kredibilitas bisnis online Sis and Bro di mata calon pelanggan.



Mencari media atau blog dengan statistik yang bagus

Hal ini dilakukan untuk meliput bisnis maupun produk Sis and Bro. Selain dapat membangun kredibilitas bisnis online di mata pelanggan Sis and Bro, bisnis yang diliput oleh media maupun direview oleh blog dengan statistik yang bagus juga dapat memudahkan calon pembeli untuk menemukan tulisan tentang bisnis Sis and Bro. 

Setelah orang lain membaca, mereview atau mengulas bisnis Sis and Bro, calon pembeli akan melihat-lihat bisnis Sis and Bro sebelum membeli, membaca testimoni pelanggan lainnya hingga meneliti barang di internet sebelum melakukan pembelian. Testimoni pelanggan lain bisa menjadi acuan bagi calon pembeli yang akan membeli produk Sis and Bro secara online.


Mulailah untuk menulis artikel di website
Buatlah tulisan yang terkait bisnis Sis and Bro dengan harapan dapat menginspirasi pebisnis pemula.  Dan sebenarnya kalau kita menulis untuk publikasi adalah merupakan strategi Sis and Bro. Menulis adalah salah satu cara terbaik untuk membangun kredibilitas bisnis online di mata pelanggan yang jarang dilakukan oleh para pebisnis. 

Menulis artikel untuk publikasi di majalah-majalah pengusaha ataupun menulis sebuah buku rahasia kesuksesan bisnis Sis and Bro tentu dapat meningkatkan kepercayaan para pelanggan untuk tetap menggunakan produk Sis and Bro atau bahkan berminat untuk menjadi reseller dari bisnis Sis and Bro karena mereka percaya.
 
Membangun kredibilitas bisnis online di mata pelanggan merupakan salah satu cara agar produk Sis and Bro semakin dikenal oleh masyarakat secara luas. Konsistensi terhadap berbagi informasi yang bermanfaat dan sering menyapa pelanggan juga merupakan hal penting agar pelanggan senang dengan pelayanan Sis and Bro dan melakukan repeat order.

Apabila Sis and Bro membuat website atau toko online, Sis and Bro juga dapat menawarkan pelanggan setia Sis and Bro menjadi reseller, memberikan harga khusus reseller, maupun memberikan potongan harga dengan menggunakan kode kupon untuk pembelian sehingga produk Sis and Bro semakin luas pemasarannya.

Cukup sekian semoga bisa menginspirasi dan salam hangat Kopi Banaran…!

No comments:

Post a Comment