Hosting Indonesia

Friday 25 September 2015

Perlukah Perusahaan Merekrut Seorang Sosial Media Manager?





Sis and Bro, sebenarnya ini adalah sekedar informasi saja, dalam situasi sekarang ini beberapa perusahaan menyebut nama pekerjaan ini sebagai social media specialist. Untuk menyebutnya saja sudah berbeda-beda, tetapi pada intinya deskripsi pekerjaannya sama. 

Barangkali tidak banyak pengusaha yang menganggap bahwa pekerjaan ini mereka butuhkan dalam perusahaan mereka. Melalui artikel ini Sis and bro sebagai pengusaha akan makin yakin bahwa merekrut seorang sosial media manager adalah salah satu tindakan cerdas dalam berbisnis di era modern dan digital sekarang ini.


1. Selalu ikuti Tren Media Sosial

Mungkin kebanyakan kita berpikiran bahwa pekerjan seorang social media manager bisa dilakukan oleh editor, reporter, ataupun penulis lepas. Padahal yang sebenarnya terjadi adalah tidak demikian. Mereka barangkali sangat baik dalam memproduksi konten yang dibutuhkan, tetapi seorang social media manager haruslah lebih dari itu. Mereka harus mengikuti tren yang ada di media sosial.

Menjadi seorang sosial media manager diwajibkan mengetahui apa hashtag (tagar) yang sedang paling populer saat ini, bagaimana cara yang efektif untuk memposting tulisan di Google+, bagaimana mengelola blog, apakah memerlukan Pinterest, dan sebagainya. Kemampuan dan keterampilan khusus yang bersifat strategis tersebut barangkali tidak dimiliki oleh reporter, penulis lepas, ataupun editor.


Apa yang sedang menjadi tren media sosial harus dikuasai oleh seorang sosial media manager. Hal itu berguna untuk memastikan bahwa mereka membuat perusahaan Sis and Bro menjadi leader, dan bukanlah follower dalam banyak hal. Mereka selalu menyadari dan menemukan peluang atas segala hal yang baru. Dari penguasaan tren media sosial ini mereka bisa membantu anda mengatasi tiga hal penting sekali dalam kelangsungan hidup perusahaan: strategi media sosial, kebijakan media sosial, dan perencanaan iklan media sosial.


2. Harus Memahami Analisis Media Sosial

Apakah Sis and Bro cukup familiar dengan kata-kata seperti virality, reach, RT, click-through, dan +1? Beberapa istilah tersebut rupanya terkait dengan kinerja media sosial. Seorang social media manager pasti akan sangat menguasai istilah tersebut. Istilah itu akan sangat membantu bagaimana mereka menganalisis setiap tanggapan yang muncul dan memastikan perusahaan Sis and Bro mendapatkan ROI (Return On Investment) terbaik dalam media sosial. 

Artikel Penting lainnya : Kesuksesan menuju kebebasan finansial

Mereka akan mempu melihat apakah usaha pemasaran yang perusahaan lakukan bekerja secara efektif atau tidak. Bisa dikatakan selama 24 jam setiap hari selama seminggu penuh mereka punya tanggungjawab memonitor audiens tersebut untuk mendapatkan analisis yang baik.


3.Harus Mempunyai Reputasi yang Baik di Kerja Pemasaran

Benar bahwa media sosial adalah ‘pemain baru’ dalam dunia pemasaran yang selama ini ada. Kendati begitu, teknologi ini bukanlah hal yang disepelekan. Bagaikan cabe rawit yang kecil tapi pedas, dibutuhkan orang-orang cerdas dengan kualifikasi tertentu untuk bekerja dengan efektif. Tentu saja mereka harus dibuktikan dengan pengalaman, bukan sekadar pemakai/pengguna media sosial aktif saja.


Pengalaman itu akan menumbuhkan kepakaran yang dapat dilihat dari jam terbang mereka. Sis and Bro akan dapat dengan mudah menelusuri bagaimana prestasi mereka hanya dengan melihat proyek-proyek media sosial yang telah mereka tangani sebagai referensi. Hasilnya akan terlihat jelas, dilihat dari bagaimana mereka menulis, bagaimana mereka membangun komunitas dengan audiens dan sebagainya. Keahlian yang seperti ini akan mudah Sis and Bro akses untuk menemukan seorang social media manager yang Sis and Bro harapkan.


4. Harus memahami Pentingnya Media Sosial

Barangkali Sis and Bro tidak sepenuhnya sepakat dengan gagasan bahwa media sosial bisa menimbulkan perbedaan yang signifikan pada perusahaan Sis and Bro. Namun tidak demikian dengan seorang social media manager, mereka sangat paham bagaimana media sosial bisa sangat membantu perusahaan Sis and Bro dalam seluruh aspek pemasaran. 

Dengan begitu mereka akan membuat perencanaan pemasaran yang baik dan efektif. Mereka tidak hanya akan mengepos tweet yang sama setiap hari, atau sekadar update status di Facebook saja. Mereka akan berinteraksi dengan audiens, membuat jaringan, lalu membentuk sebuah komunitas yang pasti akan menjaring pelanggan Sis and Bro. Secara keseluruhan, melalui media sosial, mereka akan membuat audiens lebih mudah untuk mengakses perusahaan Sis and Bro.


5.Mereka Totalitas dan Fokus pada Media Sosial Perusahaan Anda

Kita tentu tahu bahwa totalitas dan fokus adalah kekuatan yang tak terhingga pada sebuah perusahaan. Seorang reporter ataupun editor biasanya akan mengepos saja sebuah tulisan pada pukul 13 di akun Facebook atau blog. Beberapa jam kemudian akan dipos lagi sebuah informasi di media sosial lain. Namun ada satu hal yang teramat jarang dilakukan reporter/editor, yaitu menganalisis statistik media sosial.

Tugas analisis statistik inilah yang kemudian menjadi tugas sosial media manager. Mereka akan mendedikasikan seluruh waktu kerja Sis and Bro untuk melakukan itu demi memunculkan strategi pemasaran online dengan lebih baik. Bahkan bisa dikatakan mereka harus mengetahui semua, termasuk segala seluk beluk perusahaan Sis and Bro, untuk bisa menentukan keputusan strategi pemasaran mana yang paling baik untuk diterapkan pada perusahaan anda. Ini sungguh kerja keras yang membutuhkan totalitas dan fokus untuk mendapatkan hasil yang baik.


6.Mereka Akan Membuat Perusahaan Anda Menjadi Pesaing yang Handal

Sebenarnya berlebihan bila kita mengatakan dengan merekrut seorang sosial media manager yang handal, kita akan menjadi perusahaan yang tak bisa dipandang sebelah mata oleh perusahaan lain. Bahkan, bisa jadi perusahaan itu akan sangat iri dengan keberhasilan yang akan Sis and Bro raih setelah mempekerjakan seseorang pada bagian ini. Bagai sebuah strategi perang, peran mereka adalah melihat kekurangan kita dan menutupinya, sekaligus menyadari kekuatan kita dan memaksimalkannya dalam media sosial.


Jadi yang perlu digaris bawahi adalah ketika perusahaan pesaing anda tak memiliki seorang sosial media manager, hampir dipastikan perusahaan anda akan mendominasi benak audiens ketika membicarakan produk tertentu. Sis and Bro tidak akan tertinggal di belakang perusahaan pesaing. Paling tidak secara online, merek produk Sis and Bro akan berada di benak para audiens dibanding yang lain.
 
So, sudah tidak diragukan lagi kan untuk  segera merekrut seorang social media manager di perusahaan Sis and Bro?

Cukup sekian semoga bisa menginspirasi dan salam hangat Kopi Banaran...!

==============================================

Nah..Sudah dapat ilmunya, sekarang sebagai ungkapan terima kasih silahkan membeli produk Cafe Kindoyo dibawah ini telpon 081225089203 bisa sms ataupun whatsapp atau bbm 57038980, atau bisa juga ke Tokopedia, Elevenia, bukalapak maupun jualo.com, langsung saja klik link berikut :

https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-gold-classic-blend
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Toko One





https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-premium
 Beli Kopi Banaran Premium lewat Tokopedia

 Beli Kopi Banaran Premium lewat elevenia

 Beli Kopi Banaran Premium lewat Bukalapak

Beli Kopi Banaran Premium lewat Toko One




https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-original
Beli Kopi Banaran Original lewat Tokopedia

Beli Kopi Banaran Original lewat Elevenia

Beli Kopi Banaran Original lewat Bukalapak

Beli Kopi Banaran Original lewat Toko One




https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/arabica-roasted-bean
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Bukalapak

No comments:

Post a Comment