Hosting Indonesia

Tuesday 6 October 2015

Strategi Pemasaran Toko Online Bagi Pemula




Sis and Bro pada saat sekarang ini yang namanya bisnis toko online terus bermunculan seiring dengan meningkatnya pengguna internet. Hal ini menjadi peluang bisnis yang tidak disia-siakan oleh masyarakat luas. Banyak dari mereka yang memanfaatkan momen ini untuk membuat toko online maupun semakin mengembangkan bisnis toko online yang sudah dibangun sebelumnya. Bisnis toko online dapat dijadikan sebagai bisnis sampingan seorang karyawan/karyawati, ibu rumah tangga, atau mahasiswa, bahkan para pelajar SMU karena keuntungannya sangat menjanjikan.

Dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin modern pun turut memberikan banyak manfaat bagi para pemula maupun pelaku bisnis online. Salah satunya dalam mendukung strategi pemasaran untuk menjalankan bisnis online. Strategi pemasaran melalui internet dilakukan untuk memperluas jangkauan pasar. Masyarakat di seluruh penjuru dunia dapat mengenal produk yang dijual di toko online Anda, tanpa harus terjun secara langsung ke daerah. Strategi pemasaran melalui internet perlu dioptimasi dengan tepat agar bisnis toko online Sis and Bro bisa dikenal dan ditemukan oleh banyak orang.


Ada beberapa strategi pemasaran yang diperlukan oleh pelaku bisnis sebagai senjata ampuh dalam menjalankan bisnis toko online bagi para pemula, diantaranya adalah sebagai berikut :


Pemasaran dengan website atau blog

Dengan menggunakan website toko online atau blog, Sis and Bro bisa membuat bisnis toko online yang dibuka selama 24 jam. Hal penting yang perlu Sis and Bro perhatikan dari sebuah website toko online adalah kemampuan dalam menjelaskan secara jelas tentang produk yang dijual. 
Selain itu, para pelaku bisnis toko online juga harus mengunggah foto dengan kualitas bagus untuk menarik para konsumen sehingga mereka tidak ragu melakukan transaksi pembelian. Jangan lupa juga untuk mencantumkan sebuah konten atau deskripsi produk sebagai informasi yang bermanfaat bagi pengunjung, sehingga mereka tidak enggan berlama-lama di website Sis and Bro dan kembali lagi untuk mengunjunginya.


Mengoptimasi website toko online

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sebagian besar pengguna internet mencari suatu informasi melalui search engine seperti Google, Yahoo dan lain sebagainya sesuai dengan kata kunci yang mereka cari atau inginkan. Untuk itu, Sis and Bro perlu memperhatikan hal tersebut dengan berusaha menjadikan website toko online Sis and Bro berada di halaman depan atau di posisi terbaik search engine sehingga potensi pembelian di toko online Sis and Bro akan lebih besar. Sis and Bro bisa mempelajarinya dengan membaca artikel maupun buku yang khusus membahas mengenai SEO untuk bisnis toko online.

Manfaatkan sosial media

Cara pemasaran yang lain yang sering digunakan adalah Jejaring sosial atau social media yang pastinya merupakan salah satu media yang sangat bagus dan efektif untuk mempromosikan produk toko online Sis and Bro. Karena, sekarang ini sebagian besar dari para pengguna internet bisa dipastikan sudah memiliki akun sosial media seperti twitter, facebook dan lain sebagainya. Sehingga banyak dari para pelaku bisnis yang memanfaatkan situs sosial media tersebut untuk melakukan promosi produk.


Mengoptimalkan E-mail marketing

Selain menggunakan sosial media dan website toko online sebagai strategi pemasaran bisnis, para pelaku bisnis juga bisa memanfaatkan email marketing untuk melakukan promosi produk. Cara menginformasikan produk terbaru toko online Sis and Bro kepada calon pembeli melalui e-mail dirasa akan lebih tertarget, lebih mudah dan tentunya mengeluarkan biaya yang lebih murah.


Memanfaatkan Komunitas atau forum

Pelaku bisnis toko online dapat menggunakan grup BBM (Blackberry Messenger) sebagai media untuk memasang foto produk. Sis and Bro pun harus memberi deskripsi produk secara singkat sehingga informasi mengenai produk yang Sis and Bro jual akan lebih cepat dikenal orang dan bisa meningkatkan penjualan toko online Sis and Bro.


Promosi produk melalui iklan gratis

Iklan gratis sudah banyak tersedia di internet sehingga para pelaku bisnis toko online tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk mempromosikan produk. Caranya mudah, pelaku bisnis cukup melakukan registrasi ke situs iklan lalu membuat iklan produk.

Semoga informasi mengenai strategi pemasaran bisnis toko online di atas dapat membantu mengoptimalkan toko online Sis and Bro.

Sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran

===============================================

No comments:

Post a Comment