Hosting Indonesia

Friday 6 November 2015

Hal Penting Didalam Membuat Aplikasi Anak-anak



http://h.ourhome.at/kindoyo

Sis and Bro pada saat sekarang ini lebih banyak anak-anak yang berinteraksi dengan perangkat komputasi secara harian dibanding sebelumnya dalam sejarah, baik apakah itu menggunakan ponsel pintar, tablet, komputer personal, atau tablet / komputer covertible. Mereka mengerjakan pekerjaan rumah, berinteraksi dengan teman dan keluarga, dan bermain game. Seperti yang dapat dilihat dengan melakukan pencarian sederhana di toko aplikasi populer apa saja, aplikasi untuk anak-anak mendapatkan unduhan dengan peningkatan yang fantastis.


Menurut beberapa penelitian ditemukan bukti bahwa dari rata-rata 12 aplikasi dalam perangkat mobile yang diakses oleh anak-anak; 88 persent di antaranya didapatkan secara gratis. Anak-anak menyisihkan waktu sekitar 5 hari dalam satu minggu untuk menggunakan perangkat mobile, dengan lama sesi rata-rata di bawah satu jam. Seperti orang dewasa, game adalah kategori terpopuler di mobile untuk anak-anak. 

Didalam hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat rata-rata 6,5 aplikasi game dalam sebuah perangkat, dan game adalah jenis aplikasi yang paling populer digunakan oleh anak-anak, diikuti oleh mendengar atau mengunduh musik, dan mengambil foto.


Sis and Bro sudah barang tentu yang namanya pasar yang sedang berkembang ini membawa tantangan unik tersendiri bagi pengembang aplikasi, terutama dalam bidang kegunaan aplikasi. Bagaimana cara Sis and Bro membuat aplikasi untuk anak-anak yang menarik, namun sesuai dengan tahapan perkembangan mereka? Bagaimana dengan aplikasi untuk anak-anak yang menantang, namun membantu mereka merasa mereka memiliki kendali lingkungan pada saat yang sama? Isu-isu inilah yang muncul ketika membuat aplikasi yang bagus untuk anak-anak. 

Pada kesempatan ini, kami akan menyusuri tentang bagaimana caranya pengembang aplikasi dapat membuat program yang melalui tes kegunaan untuk anak-anak dengan melalui beberapa masalah yang umum dihadapi dan bagaimana mereka dapat diatasi dalam proses pengembangan.


Berbagai Hal baru yang ramah anak-anak

Seperti kita ketahui bersama bahwa pada saat ini terdapat banyak bentuk baru yang muncul dalam beberapa tahun belakangan – tablet, Ultrabook convertible, desain baru untuk ponsel pintar, dan lain-lain yang menyajikan pengalaman komputasi yang mengagumkan untuk anak-anak muda. Hal ini terutama untuk perangkat-perangkat yang memiliki fitur interaksi melalui sentuhan. 

Jika Sis and Bro pernah berada di dekat anak-anak dalam beberapa menit maka Sis and Bro akan setuju bahwa sentuhan adalah salah satu cara interaksi utama mereka dengan lingkungan, tidak terkecuali dengan komputer.


Berbagai jenis Tablet yang mendukung interaksi sentuhan dan perangkat convertible menawarkan halangan yang rendah bagi anak-anak yang ingin meloncat langsung ke aplikasi favorit mereka. Perangkat yang cocok untuk anak-anak harus menghadirkan instruksi sentuhan yang bagus, pengalaman yang menawarkan berbagai macam aktivitas, dan kontrol masukan yang ramah pengguna namun tidak dibuat bodoh.


Berbagai jenis dan model Tablet serta convertible tablet / komputer personal sangat populer di kalangan anak-anak. Mereka mudah untuk digenggam, mudah untuk digunakan, dan teknologinya mudah untuk diakses. Menurut pengalaman yang ada baru-baru ini anak-anak dipastikan langsung berselam di pengalaman sentuhan, terlihat mengetahui secara intuitif tentang tombol mana yang harus disentuh, kontrol mana yang harus diinteraksikan, dan pengalaman mereka menjadi lebih kaya karena itu. 

Walaupun mereka masih menggunakan keyboard dan touchpad dalam perangkat tersebut, sentuhan adalah pemenangnya: menggunakan Windows 8, mode tablet, mode clamshell, itu semua adalah tentang interaksi dengan sentuhan.


Beda Anak-anak beda orang dewasa dalam menggunakan aplikasi

Anak-anak berinteraksi dengan aplikasi mereka dalam cara yang berbeda dibandingkan dengan orang dewasa. Tantangan ketika merancang aplikasi untuk anak-anak adalah dalam mendatangkan lingkungan yang menghasilkan perilaku dan interaksi yang diinginkan, dan dalam waktu yang sama juga menghalau perilaku yang dapat menghasilkan hal yang tidak diinginkan.


Anak-anak akan berinteraksi dengan hal-hal yang seharusnya tidak perlu mereka interaksikan dalam sebuah aplikasi yang tidak dirancang untuk anak-anak, seperti kontrol pengguna. Mereka melihat dunia berbeda dengan orang dewasa.


Sedangkan orang dewasa melihat lingkungan dalam hal bentuk, wujud, dan struktur sebagai latar. Jadi jika ada sebuah sofa dalam tempat publik, orang dewasa hanya akan menginterpretasikannya untuk penggunaan yang disetujui oleh sosial, yaitu untuk tempat duduk. 

Di sisi lain anak-anak menginterpretasikan lingkungan secara holistik dan mengevaluasikannya dengan berbagai macam cara yang dapat mereka lakukan untuk berinteraksi. Mereka menggunakan lingkungan untuk membantu pengembangan dan improvisasi mereka. Mereka mencari properti yang dapat diinteraksikan dari suatu lingkungan – kesempatan yang memberikan mereka untuk melakukan sesuatu. Juga, anak-anak menginterpresetasikan sebuah lingkungan dengan fungsi-fungsi yang dimungkinkan dibanding dengan bentuknya. 


Apabila Sis and bro pernah memantau anak-anak ketika beraksi pasti pernah melihat skenario seperti ini terjadi! Anak-anak berinteraksi dengan aplikasi melalui cara yang sama; mereka mencari kesempatan-kesempatan berbeda untuk berinteraksi dibandingkan dengan orang dewasa, oleh karena itulah membuat aplikasi untuk anak-anak bisa menjadi proses yang rumit.


Beberapa prinsip kegunaan untuk aplikasi anak-anak

Para pakar kegunaan dan pengembangan anak-anak nampaknya memiliki beberapa pemikiran yang sama ketika berbicara tentang prinsip-prinsip kegunaan yang digunakan dalam aplikasi untuk anak-anak:


1.Kebebasan: Kemampuan untuk bergerak dalam aplikasi di dalam lingkungan yang terkontrol

2.Kenyamanan: Stimulasi, namun tidak terlalu banyak stimulasi. Audio, namun tidak terlalu banyak. Ini adalah aksi keseimbangan. Berbagai macam tahapan stimulasi memang diperlukan, namun ada batasan antara stimulasi dengan hanya kebisingan demi kebisingan.

3.Keyakinan: Anak-anak – seperti halnya orang dewasa – perlu untuk merasa bahwa mereka itu kompeten. Mereka ingin memiliki keyakinan tentang apa yang mereka lakukan.

4.Kontrol: Anak-anak ingin merasa bahwa mereka mencapai sesuatu ketika mereka berinteraksi dalam aplikasi. Tujuan terpenuhi, keputusan dilakukan.


Rancangan aplikasi yang bagus harus memenuhi kesemua poin tersebut.

Pengembang aplikasi dapat menggiring anak-anak menjauhi aktivitas yang tidak diinginkan dalam aplikasi dengan menawarkan aktivitas yang sesuai untuk anak-anak yang menghasilkan hasil yang diinginkan. Anak-anak perlu untuk ditantang dalam sebuah aplikasi agar mereka tidak bosan dan mulai “bereksperimen” dengan hal-hal yang harusnya tidak mereka mainkan – seperti kontrol pengguna, penyetelan sistem, dan lain-lain. 


Anak-anak memberikan alasan “Saya bosan” ketika tugas yang diberikan terlalu rumit; ini bukan berarti bahwa mereka bosan, ini karena secara perkembangan, mereka mencapai tahapan yang mana mereka tidak memiliki alat untuknya. Jika tugas yang diberikan sesuai dengan tahapan perkembangan mereka, maka biasanya, anak tersebut akan menikmatinya. Jika itu berada di bawah atau di atas mereka, itu tidak cocok, dan mereka akan mencari cara lain untuk ditantang.


Aplikasi yang menyajikan cara-cara lain untuk berinteraksi dibandingkan hanya aktifitas saja – seperti tanda interaktif yang mengundang untuk melakukan suatu masukan – akan lebih menarik karena mereka menyahikan kesempatan-kesempatan untuk berinteraksi. Rentang perhatian anak-anak kecil terkenal pendek, jadi lingkungan aplikasi harus menawarkan beberapa pilihan, level, dan aktifitas bersama dengan lingkungan yang mudah dinavigasikan dengan rambu yang sesuai dengan usia.


Aplikasi dan anak-anak

Aplikasi yang dirancang untuk anak-anak harus sederhana interaksinya, terutama untuk aplikasi berbasis sentuhan. Aplikasi berbasis sentuhan memberikan anak-anak pengertian dan koneksi pembawaan yang lebih baik ke perangkat yang mereka gunakan. Masukan ini – bersama dengan keyboard dan mouse – adalah indikator kegunaan utama untuk aplikasi apa saja yang dirancang untuk anak-anak, dan seharusnya tidak ditelantarkan agar aplikasinya menjadi interaktif dan menarik sepenuhnya.


Banyak hal yang terjadi dalam sebuah aplikasi itu bagus, namun elemen-elemen dalam aplikasi harus memberikan indikasi mana di antara hal-hal tersebut yang sebenarnya interaktif. Harus ada sebuah fitur (gemerlap, meloncat loncat, suara, dan lain-lain) yang membuat mereka terlihat dapat disentuh.


Berpindah halaman adalah sesuatu yang disajikan di banyak aplikasi (terutama aplikasi cerita), namun setiap aplikasi memiliki cara yang berbeda untuk melakukan hal tersebut. Mengusap dan sudut atas halaman yang tergulung dapat menjadi rumit untuk jari yang kecil. Panah di bagian atas halaman sepertinya bekerja lebih baik, terutama karena anak-anak biasanya sering kali tidak sengaja menyentuh bagian bawah layar, dan hal itu dapat menggangu kontrol aplikasi dan sistem.


Apapun “trik” yang membuat anak-anak untuk membeli sesuatu dapat membuat kamu masuk ke dalam Daftar Jahat. Jangan lakukan hal tersebut, tidak layak.
Aplikasi untuk anak-anak adalah bisnis yang sedang berkembang pesat, apalagi semakin banyak anak-anak yang berinteraksi dengan ponsel pintar, tablet, dan perangkat PC / convertible

Pengembang aplikasi harus ingat bahwa merancang aplikasi untuk anak-anak itu sangat berbeda dibandingkan dengan merancang untuk orang dewasa; konten sesuai umur, lingkungan yang menstimulasi, aliran aksi yang bagus, dan interaksi yang sesuai perkembangan anak adalah elemen-elemen yang harus dimasukkan

Cukup sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran...!
===============================================

Naaah..Sis and Bro sudah dapat ilmunya, sebagai ungkapan terima kasih silahkan membeli produk Cafe Kindoyo dibawah ini, nggak mahal kok, silahkan telpon ke 081225089203 bisa sms ataupun whatsapp atau bbm 57038980, atau bisa juga membeli langsung melalui lapak kami di Tokopedia, Elevenia, bukalapak maupun jualo.com, langsung saja klik link berikut :

https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-gold-classic-blend

Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Tokopedia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Elevenia
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend lewat Toko One


https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-premium
 Beli Kopi Banaran Premium lewat Tokopedia

 Beli Kopi Banaran Premium lewat elevenia

 Beli Kopi Banaran Premium lewat Bukalapak

Beli Kopi Banaran Premium lewat Toko One



https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-original


Beli Kopi Banaran Original lewat Tokopedia

Beli Kopi Banaran Original lewat Elevenia

Beli Kopi Banaran Original lewat Bukalapak

Beli Kopi Banaran Original lewat Toko One



https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/arabica-roasted-bean

Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Tokopedia

Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Elevenia

Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Bukalapak
Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean lewat Toko One 

=========================================================================
Artikel Menarik Lainnya :

Cara Mengambil Rejeki Dari Tuhan

Cara agar aplikasi kita cepat ditemukan Pengguna

Apa Kelebihan Toko Aplikasi Alternatif

Apa Saja Syarat Mendaftar Sebagai Pengembang Di Toko Aplikasi

Bagaimana Cara Membuat Akun Windows Phone Tanpa Kartu Kredit

Hal Penting Didalam Membuat Aplikasi Anak-anak

Social Media Marketing

Cara Membuat Akun Paypal

Keunggulan dalam Sosial Media Marketing

No comments:

Post a Comment