Hosting Indonesia

Thursday 1 October 2015

Bagaimana Mengelola Pelanggan/Calon Pelanggan Online Secara Maksimal



Kami tidak mengetahui apakah Sis and Bro adalah seorang pemilik usaha kecil atau perusahaan besar, online review merupakan sesuatu yang penting untuk kesehatan brand kita. Ada beberapa konsumen yang mengatakan bahwa online review mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli. 

Untuk itu menjadi sangat penting untuk memahami bagaimana bisnis kita dipandang secara online, dan bagaimana harus menangani tanggapan pelanggan dan memperkuat review yang positif untuk meningkatkan pendapatan. Walaupun yang namanya memantau semua situs review yang berbeda-beda setidaknya membutuhkan banyak waktu. Sebagai contoh ada Facebook Reviews, OpenTable, Google Reviews, Yahoo, Yelp, TripAdvisor, Foursquare dan masih banyak lagi.

Jika kita menggunakan sebuah aplikasi, maka kita bisa memusatkan pemantauan review sehingga akan menghemat waktu dan bekerja dengan lebih efisien.  Anda dapat melihat beberapa stream online review dari 200 lebih situs review yang populer di dalam satu lokasi, berkomunikasi dengan pelanggan, dan berbagi pengalaman yang positif atas bisnis Sis and Bro ke jejaring sosial. Organisasi besar juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengelola review untuk beberapa lokasi dan mengkoordinasikan alur kerja antara tim yang berbeda secara keseluruhan.


Pelayanan pelanggan yang lebih cepat di media sosial

Sis and Bro yang namanya pelanggan pasti mengharapkan perusahaan kita dapat memberikan layanan pelanggan yang tepat waktu dan berkualitas tinggi melalui saluran apa pun yang mereka gunakan untuk menghubungi kita. 


Sebagai contoh ketika mereka menghubungi perusahaan kita di media sosial, 32% pelanggan mengharapkan balasan dalam waktu 30 menit, dan 42% mengharapkan balasan dalam waktu 60 menit. Untuk memenuhi permintaan tersebut secara konsisten, Sis and Bro harus bisa dengan cepat mengidentifikasi, memprioritaskan, dan memecahkan masalah layanan pelanggan yang ditemukan di saluran sosial. 

Sebenarnya ada sebuah aplikasi yang memungkinkan Sis and Bro, untuk dengan mulus membuat tiket helpdesk dari pesan-pesan media sosial di dalam sebuah dashboard, jadi setiap pelanggan akan menerima balasan yang cepat dan akurat dari tim bantuan dan dukungan kita. Sis and Bro dapat menugaskan pemberian tiket ke kelompok dan anggota tim khusus, menetapkan status tiket dan tingkat prioritas, dan lain-lain.


Mendapatkan lebih banyak prospek di Twitter

Lain ceritanya kalau di Twitter yang merupakan gudang harta yang berisi calon pelanggan yang dengan terbuka membagikan pendapat, mencurahkan rasa frustrasi mereka, dan mengajukan pertanyaan. Namun dengan 284 juta pengguna yang aktif setiap bulan, tantangannya terletak pada penyaringan sinyal membeli yang berarti dari semua postingan yang ada.

Ada sebuah Aplikasi yang bisa menyaring jutaan percakapan Twitter untuk menemukan dan mengklasifikasikan prospek berdasarkan niat untuk membeli, pindah ke merek lain, dan kategori lainnya. Dengan aplikasi ini Sis and Bro bisa dengan cepat mengidentifikasi prospek menjanjikan yang sedang meneliti produk atau kategori layanan Anda atau yang akan meninggalkan salah satu kompetitor Anda. Setelah itu Anda bisa langsung berkomunikasi dengan prospek Anda atau menyimpan prospek tersebut untuk dipantau di kemudian hari.


Membuat prospek CRM dari media sosial

Sis and Bro sebenarnya saat kita mencari prospek di media sosial hanyalah langkah pertama untuk mendapatkan penjualan. Kunci untuk meraih kesuksesan dalam penjualan adalah memupuk hubungan. Untuk melakukannya Sis and Bro harus menyertakan media sosial ke dalam strategi manajemen hubungan pelanggan kita (CRM, customer relationship management) secara keseluruhan.

Dengan beberapa aplikasi Sis and Bro dapat dengan mulus mendapatkan prospek CRM dari stream media sosial kita. Prospek Sis and Bro akan lebih menjanjikan dan memiliki kualitas lebih tinggi karena didasarkan pada wawasan waktu nyata dan percakapan dengan prospek. Memperkaya CRM dengan data intelijen dari media sosial juga akan membantu kita memupuk prospek menjadi pelanggan baru: PureMatter, sebuah agensi media sosial, mencapai kesepakatan atas sebuah transaksi seharga hampir satu juta dollar dengan menggabungkan kemampuan pengelolaan media social.


Menghubungkan media sosial ke sistem otomasi pemasaran perusahaan

Semua pasti sudah mengetahui bahwa media sosial merupakan sumber penting untuk mendapatkan prospek baru dan data yang dapat membantu kita mendorong prospek berpeluang menjadi pelanggan. Tetapi untuk benar-benar memanfaatkan media sosial untuk menghasilkan prospek, kita harus menjembatani celah antara pengelolaan media sosial dengan otomasi pemasaran.


Di pasaran sudah ada aplikasi yang mempermudah kita dalam menghubungkan interaksi sosial ddalam sebuah dashboard saja. membuat prospek baru secara instan, atau menambahkan informasi data baru ke arsip prospek kita yang ada, semuanya hanya dari sebuah dashboard saja. Dengan meningkatkan menggunakan data intelijen dari media sosial, kita dapat melakukan kualifikasi dengan lebih cepat, memperpendek siklus penjualan, dan meningkatkan keuntungan perusahaan kita.


Melihat foto Instagram yang diposting di dekat lokasi kita / perusahaan

Ada cerita lagi jika Sis and Bro adalah seorang event manager, pemilik usaha kecil, atau manajer media sosial untuk bisnis waralaba, kita tahu betapa pentingnya memantau media sosial berdasarkan lokasi geografis. Mungkin kita sudah melakukan geofilter atas pencarian kita di Tweeter untuk menemukan prospek penjualan yang sangat lokal dan membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan. Tetapi bagaimana dengan Instagram? 
Orang-orang membagikan foto di Instagram langsung dari luar pintu kita—jika kita tidak menandai bisnis kita atau menggunakan tagar kita, kemungkinan Sis and Bro akan melewatkan kesempatan-kesempatan emas untuk mendapatkan keterlibatan orang ini.


Untuk menangkap setiap postingan Instagram di dekat toko kita atau di acara kita, kita bisa menggunakan sebuah aplikasi. Sis and Bro bisa membatasi radius pencarian ke gedung, lingkungan sekitar, dan kota kita, atau lingkup apa saja yang sesuai dengan kebutuhan bisnis kita.


Mengenai bisnis kita di Reddit

Sis and Bro yang namanya Reddit, yang notabene menyebut dirinya sebagai “halaman depan internet”, merupakan platform penemu konten yang ampuh. Tetapi ini lebih dari hanya sumber pengunjung untuk situs web Sis and Bro. Ini juga tempat asal sebuah komunitas yang sangat terlibat dan dinamis yang memiliki pengaruh online yang sangat besar. Gosip, diskusi, dan kontroversi yang muncul di Reddit dapat dengan cepat tersebar ke semua jejaring sosial lain dan ke media utama, sehingga membuat para praktisi pemasaran dan Humas harus cepat bertindak. Ketika orang mulai membicarakan bisnis Sis and Bro di Reddit, akan sangat bermanfaat jika Sis and Bro segera mengetahuinya.


Ada sebuah aplikasi terkait dengan Reddit,  yang  memungkinkan Sis and Bro melacak penyebutan perusahaan, produk dan kompetitor Sis and Bro di seluruh Reddit, sehingga Sis and Bro bisa menanggapi setiap peluang penting secara proaktif atau mengatasi potensi masalah Humas langsung dari sumbernya. 

Sis and Bro bisa memantau kata kunci dan frasa dari stream yang dibuat secara khusus di dashboard  Sis and Bro, dan melihat laporan analisis atas kemunculan kata kunci seiring dengan berjalannya waktu. Sis and Bro juga dapat membagikan posting Reddit dengan mudah ke semua jejaring sosial Sis and Bro atau langsung masuk ke thread Reddit untuk menanggapi dan berkomunikasi.


Mengintegrasikan pemasaran lewat email dan pemasaran lewat media sosial

Seperti yang sering dikemukakan oleh para ahli pemasaran bahwa lewat email dan pemasaran lewat media sosial merupakan “dua sisi dari koin yang sama.” Perusahaan Anda seharusnya tidak hanya memperbesar, tetapi juga menyatukan kedua saluran yang penting ini. Idealnya, semua pengikut Twitter dan penggemar Facebook Anda juga akan menjadi pelanggan email, dan sebaliknya.


Dengan aplikasi pengatur email, Sis and Bro dapat dengan mudah melihat apakah seorang pengguna Twitter atau Facebook merupakan pelanggan di daftar milis, sehingga Sis and Bro dapat fokus pada mereka dengan pesan yang optimal di salah satu saluran. Integrasi juga membuat Anda bisa dengan mudah memantau penyebaran email. Hemat waktu dengan melacak jangkauan di media sosial, dampak, dan keberhasilan kampanye email secara keseluruhan dari dashboard yang sama dengan yang Sis and Bro gunakan untuk interaksi sosial dan analisis.


Menjadwalkan video di YouTube dan Vimeo

Sis and Bro didalam melakukan pemasaran konten video yang sukses, diperlukan hal lain selain dari hanya membuat video yang bagus saja. Jika Sis and Bro ingin video Sis and Bro dilihat seperti selayaknya, video Sis and Bro harus menjadi pusat dari kampanye promosi di berbagai saluran yang direncanakan dan dijadwalkan lebih awal.


Dengan sebuah aplikasi yang bisa mengatur pemuatan youtube dan vimeo, Sis and Bro dapat menjadwalkan dan mengunggah video Sis and Bro dalam jumlah besar, langsung dari dashboard Sis and Bro. Secara rutin Sis and Bro dapat memperbarui kalender penerbitan video untuk membuat pengguna mau kembali dan agar konten selalu baru. Aplikasi ini juga memungkinkan Sis and Bro untuk menambahkan judul, deskripsi, tag, dan kategori, serta pengaturan privasi dan lisensi.


Menemukan konten bagus untuk dibagikan ke konsumen/calon konsumen

Memanage konten telah menjadi taktik yang berharga bagi semua departemen pemasaran untuk menjaga agar konsumen/calon konsumen tetap terlibat dan mendapatkan informasi. Dengan menemukan, memilih, dan membagikan konten dari pihak ketiga yang berguna, kita bisa memberikan nilai untuk pelanggan sambil menunjukkan pengetahuan dan keahlian dalam industri. Namun, menemukan konten yang relevan secara konsisten bisa menjadi tugas yang menantang dan memerlukan banyak waktu untuk praktisi pemasaran yang sibuk.


Dengan sebuah aplikasi yang juga telah tersedia di pasar, kita dapat menerima peringatan khusus kapan saja minat kita muncul di blog, papan pesan, situs baru, media sosial dan lain-lain—dalam ratusan bahasa dan di ratusan negara. Aplikasi penemu konten yang lengkap ini juga dapat digunakan untuk memantau perusahaan kita, nama perusahaan kita, produk perusahaan kita , atau industri kita, yang juga membuatnya menjadi alat yang ampuh bagi para praktisi Humas. Ketika Sis and Bro menemukan artikel dan cerita yang berharga yang layak dibagikan ke pengikut Sis and Bro, maka Sis and Bro bisa dengan mudah membagikannya ke jejaring sosial.


Mengetahui tagar mana yang harus digunakan

Didalam kita menyertakan tagar yang populer atau sedang tren dalam pesan sosial kita dapat meningkatkan kesempatan tagar tersebut untuk dilihat, tetapi belum tentu oleh konsumen/calon konsumen target bisnis kita. Bahkan, ikut memakai tagar yang sedang populer tapi tidak relevan bagi kita malah dapat membuat bisnis kita terlihat putus asa atau ketinggalan zaman.


Kemungkinan yang lebih baik adalah menggunakan tagar yang sesungguhnya diikuti oleh komunitas kita, sehingga kita dapat meningkatkan interaksi orang yang berarti bagi bisnis kita.


Untuk melihat sekilas tagar mana yang ditweet oleh orang-orang yang kita ikuti, kita bisa menggunakan sebuah aplikasi yang juga sudah tersedia dipasar. Aplikasi ini juga dapat menemukan tagar yang paling populer yang berkaitan dengan sebuah istilah pencarian tertentu, sehingga kita bisa mempunyai informasi terbaru atas semua tagar yang muncul dalam industri atau pasar target kita.


Siapa saja orang-orang dalam konsumen/calon konsumen Twitter kita?

Didalam memahami konsumen/calon konsumen di semua saluran adalah hal yang sangat penting untuk strategi pemasaran bisnis kita. Namun seiring dengan bertambah banyaknya pengikut Twitter kita, akan sangat mudah bagi kita untuk kehilangan informasi atas siapa sesungguhnya pengikut kita.

Dipasaran sudah ada sebuah aplikasi yang akan memberi kita wawasan konsumen/calon konsumen yang luar biasa untuk semua akun Twitter, termasuk jenis kelamin, usia rata-rata, pendapatan, kota terpopuler, pekerjaan, hal yang disukai, minat, afiliasi merek, dan lain-lain. 

Aplikasi ini juga membuat analisis atas khalayak yang mengetweet tagar menjadi mudah. Pada saat Sis and Bro menggunakan tagar dalam misi pemasaran, Sis and Bro tidak hanya akan bisa melihat siapa yang mengetweet, tetapi juga kelompok demografis mana yang dijangkau.

Sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran

===============================================

No comments:

Post a Comment