Hosting Indonesia

Wednesday 18 May 2016

Bisnis Online Siap Terkena Dampak Algoritma Instagram Baru





Allow Sis and Bro, eh tahu ngga ternyata instagram bukan hanya merubah logo yang baru saja dilakukan beberapa hari lalu, dalam waktu dekat mereka akan merubah algoritma berbasis edgerank seperti halnya Facebook. Kontan saja para pengguna memberikan reaksi yang beragam. Ada yang menyambut baik dan ada pula sebaliknya. Bahkan sampai-sampai ada yang membuat petisi untuk menolak rencana perubahan tersebut.



Lebih lanjut apa sih maksudnya edgerank? Edgerank adalah algoritma yang mengurutkan timeline berdasarkan minat. Instagram akan membuat postingan di timeline tidak berurutan berdasar waktu posting (kronologi), melainkan memperlihatkan momen-momen yang sesuai dengan minat penggunanya.
 

Dampak Bagi Online Shop



Lalu kemudian bagi Sis and Bro yang sudah lama menggunakan Facebook, tentu merasakan adanya algoritma edgerank ini. Meskipun teman FB Sis and Bro jumlahnya ribuan, namun tetap saja yang muncul di timeline/beranda hanyalah akun orang-orang tertentu saja, iya kan?



Selanjutnya bagaimana dengan instagram?


Yang perlu diperhatikan jika Sis and Bro saat ini sangat menggantungkan traffik dari instagram untuk bisnis online, tentu saja akan ada dampak yang dirasakan. Bisa dampak baik, bahkan dampak buruk.



Sebagai ilustrasinya begini, Sis and Bro update post pada jam 19.00. Follower Sis and Bro yang juga sedang membuka instagram saat itu belum tentu akan melihat postingan Sis and Bro. Karena algoritma instagram telah memilihkan kepada follower Sis and Bro postingan akun apa yang terlebih dahulu dilihat oleh mereka. Jadi hal ini akan mengakibatkan Sis and Bro tidak lagi mudah terjangkau oleh follower melalui timeline mereka, meskipun Sis and Bro melakukan update pada jam premium (waktu ramai pengguna instagram online).



Namun dampak baiknya, bagi follower yang memang sudah loyal kepada Sis and Bro. Mereka rajin like setiap postingan, sering berinteraksi dengan Sis and Bro melalui inbox maupun komentar. Akun instagram Sis and Brolah yang akan dilihat terlebih dahulu oleh mereka. Meskipun postingan Sis and Bro dibuat kemarin malam.



Berikutnya Apa Sih Tujuan Instagram Merubah Algoritma?



Tentu saja bisnis!! Tujuan jangka panjangnya adalah bisnis. Meskipun alasan yang dikemukakan juru bicara instagram adalah demi kepentingan dan kenyamanan pengguna. Seperti dilansir tekno.kompas.com pada Selasa (29/3/2016), algoritma tersebut sama sekali tidak bertujuan untuk menghapus sebuah postingan dari timeline pengguna.



"Kami hanya mengatur ulang urutan postingan-nya saja, kami ingin membuat pengguna melihat postingan yang paling diminati, termasuk juga dari brand (akun jualan)," kata juru bicara tersebut.



Dengan cara seperti ini instagram berharap dapat menjaring lebih banyak pengiklan berbayar. Sebuah tawaran traffic instant kembali digulirkan kepada para pebisnis online. 



Lalu Bagaimana Solusi Bagi Online Shop



Nah jika Sis and Bro saat ini menggantungkan traffic bisnis online melalui instagram , bersiaplah dengan perubahan besar tersebut. Setidaknya ada beberapa hal yang bisa Sis and Bro lakukan jikalau seandainya perubahan itu benar-benar direalisasikan.



1. Buatlah Konten Kreatif



Lupakan caption ala kadarnya seperti ini: 



"open order sist" 

"yuk cek koleksi terbarunya kakak"

"Ready stok murmer "

dan lain-lain..



Mulailah latih diri Sis and Bro menulis caption yang menarik, yang memicu adanya respon dari pengguna. Berusahalah untuk selalu interaktif menjawab setiap komentar. Menjadi kreatif dalam membuat konten berkualitas dan berpotensi viral akan menjadi salah satu perisai Sis and Bro menghindari dampak buruk perubahan algoritma.



2. Mengajak Pengguna Aktifkan Fitur "Post Notification"



Jika pengguna Sis and Bro mengaktifkan fitur post notification, maka setiap kali Sis and Bro update post, akan ada notifikasi ke smartphone mereka. Sehingga pengguna tersebut tidak tertinggal setiap update yang Sis and Bro lakukan.



Namun nampaknya hal ini bukanlah perkara yang mudah. Menyuruh seseorang menjadi fans fanatik di instagram sangatlah sulit. Terlebih lagi Sis and Bro bukan selebritis atau bintang sepak bola populer seperti Christiano Ronaldo.



3. Menambah Anggaran Iklan Berbayar



Tentunya hal ini bukanlah perkara sulit untuk Sis and Bro yang sudah memiliki cash flow yang cukup. Sis and Bro hanya perlu menyisihkan atau bahkan menambah budget promosi berbayar. Sis and Bro bisa saja melakukan subsidi silang, tergantung kondisi keuangan bisnis Sis and Bro. Atau menyisipkan beban promosi bulanan terhadap setiap produk yang terjual. 



Yang lainnya selain budget, strategi iklan pun harus mulai Sis and Bro pelajari. Ada banyak informasi di google mengenai cara membuat iklan di instagram bahkan sampai dengan optimasi iklan tersebut. Kemampuan Sis and Bro beradaptasi dengan perubahan dan keseriusan Sis and Bro mempelajari hal baru, sangat menentukan kelangsungan bisnis Sis and Bro.



Demikian semoga memberikan informasi yang bermanfaat kepada pembaca setia café kindoyo. Akan diberlakukan atau tidaknya algoritma baru instagram (masih proses pengujian), Café Kindoyo mendoakan bisnis Sis and Bro semoga terus berjalan dan berkembang pesat.


Cukup sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran....!!

===============================================

Naaah..Sis and Bro sudah dapat ilmunya, sebagai ungkapan terima kasih silahkan membeli produk Cafe Kindoyo dibawah ini, nggak mahal kok, silahkan Telpon / WA / SMS ke 0812 2508 9203 atau bbm 57038980, atau bisa juga membeli langsung melalui lapak kami di Tokopedia, Elevenia, bukalapak maupun Toko One, langsung saja klik link berikut :

https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-gold-classic-blend

Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend Via : Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One


https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-premium
 Beli Kopi Banaran Premium Via :
 Tokopedia

 Elevenia

 Bukalapak

 Toko One



https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-original


Beli Kopi Banaran Original Via :
Tokopedia

Elevenia

Bukalapak

Toko One



https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/arabica-roasted-bean

Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean :
Tokopedia

Elevenia

Bukalapak
Toko One 


=========================================================================

  Artikel Lainnya : 

 

Cara Mudah dan Cepat Download Video di Facebook

 

Fiber Optik adalah kabel dari kaca atau plastik

 

Kunci Sukses Berjualan Di Instagram

 

 

Tinggalkan Beban dan Mulailah Melangkah

 

 

Solusi Jika Tak Bahagia di Tempat Kerja

 

 

Cara Menjual Produk Barang Secara Online di Internet

  

 

 

Bagaimana Cara Memberi Password Wifi Internet Speedy

Cara Mendapatkan uang dari ponsel Android Dengan aplikasi WHAFF

 

Cara Baru Mengetahui Password & Hack Akun email

  Bertanya PR dan Tugas Sekolah via aplikasi HP

 

   

Perbedaan Berbagai Web Hosting Server

 

 

Cara Membuat Aplikasi Android

 

http://janglischool.blogspot.com

 

Apakah Blog atauWebsite kita sudah Dipercaya Netizen ?

 

 

 

 

 

 

 Cara Mengganti Password Wifi Indihome

  

 

 Investasi melalui Dot Com

 

 

 


 Cara Membuat Akun Paypal

 

   

 

Bisnis Warnet Pemula

 

 

 
 

Mengoptimalkan Usaha dengan Berbasis Internet

 

 

Perlunya Membuat Website dan Melakukan Internet Marketing

 

 

 

Langkah Mudah Membuat Google+ Bisnis Page

 



Apa itu Facebook Advertising dan Facebook Viral Marketing

 

 

 

Memanfaatkan BBM Channel Jejaring Sosial di BlackBerry Messenger Untuk Fanspage Bisnis

 

 

 

 

Apa itu Pengertian Backlinks?

 

 

http://janglischool.blogspot.com 

Bisnis Online permudah untuk Kaya Raya, Sukses Mulia

 

 

 

Apakah Bisnis Online hanya cukup dengan website saja ?

No comments:

Post a Comment