Hosting Indonesia

Friday 27 May 2016

Cara Menangani Konsumen Toko Online Dengan Bijaksana





Sis and Bro kita tahu bahwa sebagian besar toko online di dalam negeri belum sepenuhnya jadi toko online beneran. Kebanyakannya yang online itu katalognya saja, mereka belum support kalkulasi ongkos kirim, transaksi dan konfirmasi pembayaran secara otomatis.


Akhirnya para pemilik toko online mesti melayani order secara manual. Chat satu persatu dengan customer, melelahkan memang. Tapi jika tidak dilayani sayang juga kan.


Parahnya, ketika udah chat panjang lebar sehari semalam suntuk. Calon customer malah menghilang begitu saja, tanpa meninggalkan kabar, apalagi meninggalkan warisan


Pastinya Sis and Bro akan merasa sedih kan?

Tetapi sebenarnya Sis and Bro gak usah sedih, ada tips nih buat menghadapi customer yang suka CLBK (Chat Lama Beli Kagak)



1. Batasi Penawaran atau Pilihan

Saat pertama kali chat, mungkin si customer akan bertanya tentang pilihan stok yang Sis and Bro jual. Biasanya mereka meminta dikirim gambar varian warna dan model produk sejenis.


Katakan kepada CS toko online
Sis and Bro untuk mengirimkan 3-5 gambar varian saja. Jangan lebih dari itu.

Karena jika kebanyakan si customer bukannya milih mana yang mau dibeli malah jadi bingung. Akhirnya yaa gitu deh.. tak kunjung closing. Customer pun kabur dan meninggalkan chat terakhir seperti ini "bentar yaa sist.. aku pikirin dulu" Jiahahahaa



2. Fokuskan Pembicaraan

Saat berinteraksi melalui chat, upayakan untuk selalu mengakhiri dengan kalimat tanya yang mengarahkan calon pembeli kepada proses transaksi.

Misal:
Customer: " Sist...Ada Sweater belang-belang?"

CS: "Ada kak, mau warna apa?"


Customer: "Ada warna apa aja stoknya?"

CS: "Ada hijau, merah, kuning. Mau yang mana kak?"


Customer: "Boleh deh yang hijau"

CS: "Okee, sweater hijaunya ukuran apa? M,L atau XL?"


Customer: "Aku biasa pake L"

CS: "Oke yang L yaa, mau dikirim kemana?"

dan seterusnya...


Hingga pembicaraan CS berakhir pada dialog seperti ini...
"Mau transfer pembayaran kapan kak?" <--- Ini nih proses akhir menuju closing :D

Paham kan? 

Kalo gak paham, ulangi lagi deh bacanya



3. Perlunya Mengingatkan

Setelah hari pertama chat terakhir, dan CS sudah berhasil mengarahkan customer untuk transfer pembayaran, namun tak juga melakukannya. CS boleh mengingatkannya

CS : "Kak, kemarin gak jadi transfer yaa?"

Customer: "Ooo iyaa sist, kemaren ATM aku hilang dimakan kucing. Hari ini deh saya transfernya pake ATM tetangga" <--- Ini hanya contoh
 

4. Bisa Mengingatkan Lagi

Jika H+2 masih juga belum transfer, CS harus melakukan follow up lagi
CS : "Kak, orderannya masih status pending nih. Tinggal bungkus dan kirim setelah pembayaran"

Customer: "Ooo iya sist, kemarin ATM tetangganya dimakan Hiu di akuarium. Hari ini yaa aku transfer pake ATM tetangganya tetangga baru aku"
 

5. Diingatkan atau Abaikan

H+3 adalah hari terakhir Sis and Bro melakukan follow up. Namun customer masih tak kunjung melakukan transaksi pembayaran. Sebaiknya alihkan fokus Sis and Bro untuk melayani order baru dari yang lainnya.

Kasih tau kepadanya, bahwa hari ini adalah kesempatan terakhir transfer pembayaran. Jika tidak, persilahkan untuk melakukan order ulang.


Gak usah ngarep, apalagi sampe marah-marah dan berujung delcont. Tak ada paksaan dalam transaksi jual beli. Pliss deh jangan baper keleeuusss


Cukup sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran....!!

===============================================

Naaah..Sis and Bro sudah dapat ilmunya, sebagai ungkapan terima kasih silahkan membeli produk Cafe Kindoyo dibawah ini, nggak mahal kok, silahkan Telpon / WA / SMS ke 0812 2508 9203 atau bbm 57038980, atau bisa juga membeli langsung melalui lapak kami di Tokopedia, Elevenia, bukalapak maupun Toko One, langsung saja klik link berikut :

https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-gold-classic-blend

Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend Via : Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One


https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-premium
 Beli Kopi Banaran Premium Via :
 Tokopedia

 Elevenia

 Bukalapak

 Toko One



https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-original


Beli Kopi Banaran Original Via :
Tokopedia

Elevenia

Bukalapak

Toko One



https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/arabica-roasted-bean

Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean :
Tokopedia

Elevenia

Bukalapak
Toko One 


=========================================================================

  Artikel Lainnya :  

 

Cara Mudah dan Cepat Download Video di Facebook

 

Fiber Optik adalah kabel dari kaca atau plastik

 

Kunci Sukses Berjualan Di Instagram

 

 

Bisnis Online Siap Terkena Dampak Algoritma Instagram Baru

 

Tinggalkan Beban dan Mulailah Melangkah

 

 

Solusi Jika Tak Bahagia di Tempat Kerja

 

Cara Menjual Produk Barang Secara Online di Internet

  

 

 

Bagaimana Cara Memberi Password Wifi Internet Speedy

Cara Mendapatkan uang dari ponsel Android Dengan aplikasi WHAFF

 

Cara Baru Mengetahui Password & Hack Akun email

  Bertanya PR dan Tugas Sekolah via aplikasi HP

 

   

Perbedaan Berbagai Web Hosting Server

 

 

Cara Membuat Aplikasi Android

 

http://janglischool.blogspot.com

 

Apakah Blog atauWebsite kita sudah Dipercaya Netizen ?

 

 

 

 

 

 

 Cara Mengganti Password Wifi Indihome

  

 

 Investasi melalui Dot Com

 

 

 


 Cara Membuat Akun Paypal

 

   

 

Bisnis Warnet Pemula

 

 

 
 

Mengoptimalkan Usaha dengan Berbasis Internet

 

 

Perlunya Membuat Website dan Melakukan Internet Marketing

 

 

 

Langkah Mudah Membuat Google+ Bisnis Page

 



Apa itu Facebook Advertising dan Facebook Viral Marketing

 

 

 

Memanfaatkan BBM Channel Jejaring Sosial di BlackBerry Messenger Untuk Fanspage Bisnis

 

 

 

 

Apa itu Pengertian Backlinks?

 

 

http://janglischool.blogspot.com 

Bisnis Online permudah untuk Kaya Raya, Sukses Mulia

 

 

 

Apakah Bisnis Online hanya cukup dengan website saja ?

No comments:

Post a Comment