Hosting Indonesia

Wednesday 25 May 2016

Kunci Sukses Facebook Advertising (1)





Kami yakin bahwa Sis and Bro sudah sering dengar banyak kisah sukses tentang orang-orang yang memiliki omset puluhan hingga ratusan juta rupiah perbulan hanya dengan menggunakan Facebook Ads atau sering disebut juga Facebook Marketing. Tapi pertanyaaan besarnya adalah “Apakah Facebook sungguh powerfull untuk mempromosikan produk Sis and Bro???

Kami tidak tahu bagaimana dengan Sis and Bro, memang biasanya sewaktu mulai beriklan dengan Facebook Ads, semua orang akan  memiliki keraguan yang teramat tinggi… bahkan selain itu bisa sampai memiliki persepsi bahwa Facebook Ads ini hanyalah HYPE & orang – orang yang ngaku sukses dengan Facebook Ads hanyalah bertujuan untuk mendapatkan profit semata dengan menjual trainingnya.

Kenapa banyak orang sampai bisa berpikiran seperti itu?
Karena sebenarnya sudah banyak orang yang beriklan macam – macam produk dengan menggunakan Facebook Ads, berjalan 1-2 minggu kemudian tahu apa yang terjadi?

Banyak dari seller yang mengalami bahwa tidak ada satupun produk yang terjual & lebih parahnya lagi mereka telah membuang biaya sampai beberapa $ per hari, bahkan ada yang sudah menghabiskan jutaan, tapi gak ada hasil.
Kalau Sis and Bro saat ini belum pernah menggunakan Facebook Ads atau sudah pernah beriklan tapi belum juga menunjukkan hasil yang signifikan, maka Sis and Bro sudah berada di halaman blog yang tepat karena ada sharing tentang kunci sukses apa saja (tidak cuma satu, tapi beberapa kunci sukses) yang betul-betul sangat perlu Sis and Bro perhatikan kalau Sis and Bro ingin mencapai omset yang luar biasa dengan menggunakan Facebook Ads.

Apa yang disharingkan ini adalah 100% hasil ujicoba beberapa seller (baik dan buruknya) menggunakan Facebook Ads untuk usaha online mereka.
Kunci Sukses Facebook Advertising
Berdasarkan pengalaman beberapa seller selama ini, bisa disimpulkan ada  kunci yang benar – benar harus Sis and Bro kuasai ketika ingin beriklan dengan Facebook Ads.
Tanpa memahami makna  kunci ini, maka diyakini bahwa Sis and Bro hanya akan membuang lebih banyak uang untuk beriklan tanpa hasil yang memuaskan
Lalu apa saja  kunci sukses beriklan di facebook..???

1.    Pahami Karakter Target Audience Sis and Bro
2.    Bagaimana Membuat Iklan Yang Menarik Untuk Target Audience
3.    Manfaatkan Fitur – Fitur Facebook Ads Yang Canggih
4.    Bagaimana Cara Mengkonversi Yang Tepat
Kami akan bahas satu persatu agar Sis and Bro mendapatkan penjelasan yang lebih detail.

Pahami Karakter Target Audience Sis and Bro
Salah satu fitur istimewa dari Facebook Ads adalah kemampuannya untuk membidik target audience dengan sangat spesifik, berdasarkan demography, geography, timing, behaviour, dan connection.
·Demography  : usia, jenis kelamin
·Geography     : lokasi (negara, kota besar, jangkauan mil)
·Timing             : hari dan jam berapa iklan anda aktif
·Behaviour       : pengguna mobile, tablet, smartphone, wifi based, digital marketer, dsb
·Connection     : membidik teman – temannya dari fans Sis and Bro / tidak membidiknya

Oleh karena itu, sebelum Sis and Bro mulai beriklan… pastikan dulu bahwa Sis and Bro sudah benar-benar kenal karakter dari target audience yang ingin Sis and Bro targetkan.

Apa yang dimaksud dengan karakter target audience Sis and Bro?
Misalkan: Sis and Bro ingin beriklan untuk jasa pembuatan jas pengantin pria untuk calon pengantin, harga pembuatan jas nya berkisar Rp 8 – 25 juta per set dan lokasi workshop Sis and Bro ada di Semarang dan Solo.
Berdasarkan bisnis Sis and Bro diatas, maka Sis and Bro dapat membuat sebuah deskripsi tentang karakter audience yang ingin saya bidik di Facebook sebagai berikut:
  • Usia: 25 – 35 thn
  • Gender: laki – laki
  • Lokasi: Semarang dan Solo
  • Interest: bridal, wedding, wedding magazine, wedding photography, wedding ring
  • Connection: teman – teman nya dari Fans Page Sis and Bro
  • Behaviour: pengguna mobile, yang pakai smartphone berbasis IOS saja
Untuk dapat mengetahui lebih jelas seperti apa karakter target audience ini, memang seringkali Sis and Bro harus melakukan riset terlebih dahulu.
Biasanya yang dilakukan adalah browsing ke website-website kompetitor untuk membaca konten-konten di dalamnya dan berusaha untuk mengenali lebih dalam dunia tersebut.
Pertanyaan-pertanyaan yang biasanya muncul ketika  sedang melakukan riset target audience adalah:
  • Target audience kita itu biasanya tertariknya dengan hal apa saja ya?
  • Secara usia dan jenis kelamin, mereka itu seperti apa?
  • Website apa saja yang sering mereka kunjungi ketika tertarik dengan produk saya?
  • Topik diskusi apa yang masih berhubungan erat dengan produk yang dijual?
  • Kebiasaan mereka sehari-harinya ngapain saja ya di online?
  • Apa saja profesi / pekerjaan mereka?
  • Barang apalagi yang mereka butuhkan sebagai pelengkap produk ?
Dari pertanyaan – pertanyaan diatas, Sis and Bro akan mendapatkan gambaran lebih luas tentang target audience Sis and Bro sehingga ketika memasang iklan, Sis and Bro dapat membidik jangkauan yang cukup spesifik. Hal ini penting untuk menghemat biaya beriklan Sis and Bro.
Lalu pertanyaan selanjutnya, apakah ada tool yang dapat Sis and Bro gunakan untuk melakukan riset terhadap target audience Sis and Bro? Kalau bisa gratis & handal.

Ada tool gratis dan handal yang bisa Sis and Bro gunakan untuk mendapatkan informasi tentang target audience ini yang akan jelaskan berikut ini.
Jadi ketika ingin mengetahui karakter audience yang ingin dibidik, biasanya bisa mengamati website kompetitor yang menjual produk yang identik dengan produk yang kita jual.

Misalkan Sis and Bro ingin menjual barang-barang kebutuhan bayi, seperti susu, botol susu, alat perlengkapan bayi, mainan edukasi bayi dan seterusnya maka Sis and Bro perlu cari tahu website lain yang sudah terlebih dahulu menjalankan bisnis tersebut di online.

Dengan mengetahui seperti apa orang – orang yang mengunjungi website Bilna.com, maka Sis and Bro akan mendapat gambaran lebih jelas tentang karakter target audience yang identik dengan yang akan Sis and Bro bidik.
Salah satu cara mengetahuinya adalah dengan menggunakan tool yang bernama Google Display Planner (GDP). Tool ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas kepada kita tentang karakter orang-orang yang mengunjungi sebuah website tertentu.

Walaupun hasil yang ditampilkan tidak bisa dijadikan pedoman 100% tapi dari sini Anda sudah dapat gambaran yang lebih spesifik dan bisa Sis and Bro jadikan salah satu acuan untuk membidik target audience Sis and Bro.
Untuk lebih jelasnya, kami berikan langkah – langkahnya sebagai berikut:

1.Buka akun Google Adwords Sis and Bro di http://Adwords.Google.com
Bagi Sis and Bro yang belum memiliki akun adwords, silahkan lakukan registrasi terlebih dahulu seperti biasa (gratis).
2. Klik menu “Tools” dan pilih “Display Planner”
3. Masukkan nama website kompetitor anda di kolom “Your customer are interested in”
4. Pilih lokasi “Indonesia” dan atur bahasanya ke “English & Indonesia” karena cukup banyak orang Indonesia yang menggunakan settingan Bahasa Inggris di akun google nya

Setelah itu Sis and Bro bisa mendapatkan banyak insight atau petunjuk tentang karakter orang-orang yang mengunjungi website kompetitor Sis and Bro.
Sis and Bro bisa lihat data – data mulai dari kelompok usia, jenis kelamin dan juga darimana mereka biasanya mengakses web tersebut, sebagai contoh diatas kebanyakan adalah pria, usia 18 – 34 tahun dan lebih banyak mengakses via mobile dibandingkan desktop / PC.

Hal ini mungkin berbeda dari apa yang sebelumnya Sis and Bro pikirkan dimana kita biasanya berpikir bahwa yang mengakses website kebutuhan baby pastilah kebanyakan wanita.

Tapi dengan melihat data diatas Sis and Bro jadi dapat insight baru ternyata ada kemungkinan Anda dapat membidik pria juga yang artinya suami – suami dari istri yang memiliki anak ternyata juga mengakses web tersebut.
Selain demografi, Anda juga dapat lihat data lainnya seperti website lain apalagi yang suka dikunjungi oleh orang – orang tersebut (klik menu “placements”) dan juga topik – topik apa saja yang masih berhubungan dengan website tersebut (klik menu “topic”).

Memang data diatas tidak 100% dapat dijadikan pedoman utama karena kalau Anda perhatikan masih ada data – data yang statusnya “unknown” yaitu ada sejumlah data yang belum didapatkan oleh google, karena data yang diberikan oleh google ini adalah data yang didapat ketika seseorang browsing dengan kondisi akun googlenya aktif (login ke gmail).


Sis and Bro sebenarnya ada cara lain yaitu  tool online (website based) bernama www.SimilarWeb.com. Sis and Bro bisa memasukkan salah satu nama website competitor, kemudian  tool ini akan memberitahukan Sis and Bro apa saja nama – nama website lainnya yang identik dengan nama website yang baru saja Sis and Bro masukkan.


Selain itu, tool ini dapat menginformasikan interest dari para pengunjung website tersebut. Disarankan untuk mempraktekkan tool ini untuk mendapat gambaran lebih jelasnya.

Bagaimana Membuat Iklan Yang Menarik Untuk Target Audience

Memahami format iklan yang Sis and Bro buat amatlah penting. Seperti yang Sis and Bro ketahui bahwa secara garis besar, format iklan yang kita pasang di facebook terdiri dari 2 komponen utama, yaitu: Teks dan Gambar.

Dua komponen (teks dan gambar) inilah yang akan paling terlihat di facebook orang lain ketika iklan Sis and Bro tayang dan ini sangat menentukan performa iklan Sis and Bro.

Bayangkan kalau Sis and Bro beriklan hanya dengan menuliskan kata-kata biasa yang bersifat jualan dan gambar seadanya (mungkin karena Sis and Bro tidak dapat mengedit foto) hampir dapat dipastikan respon dari target audience Anda akan sangat rendah dan inilah yang kebanyakan terjadi pada kenyataannya.

Oleh karena itu bila Sis and Bro mampu membuat iklan yang powerfull (strategi gambar + teks), maka iklan Sis and Bro akan dilihat & diklik oleh semakin banyak orang yang melihatnya bahkan Anda bisa mendapatkan efek viral dari iklan tersebut kalau Sis and Bro bisa mempadukan kombinasi teks dan gambar yang sangat menarik.

Salah satu tool yang dapat Sis and Bro gunakan untuk membuat gambar dengan mudah adalah www.Canva.com. Silahkan Sis and Bro registrasi gratis disana dan bereksplorasi dengan fitur – fitur yang telah disediakan seperti template – template gambar yang sudah ready. 


Cukup sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran....!!

===============================================

Naaah..Sis and Bro sudah dapat ilmunya, sebagai ungkapan terima kasih silahkan membeli produk Cafe Kindoyo dibawah ini, nggak mahal kok, silahkan Telpon / WA / SMS ke 0812 2508 9203 atau bbm 57038980, atau bisa juga membeli langsung melalui lapak kami di Tokopedia, Elevenia, bukalapak maupun Toko One, langsung saja klik link berikut :

https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-gold-classic-blend

Beli Kopi Banaran Gold Classic Blend Via : Tokopedia
Elevenia
Bukalapak
Toko One


https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-premium
 Beli Kopi Banaran Premium Via :
 Tokopedia

 Elevenia

 Bukalapak

 Toko One



https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-original


Beli Kopi Banaran Original Via :
Tokopedia

Elevenia

Bukalapak

Toko One



https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/arabica-roasted-bean

Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean :
Tokopedia

Elevenia

Bukalapak
Toko One 


=========================================================================

  Artikel Lainnya :  

 

Cara Mudah dan Cepat Download Video di Facebook

 

Fiber Optik adalah kabel dari kaca atau plastik

 

Kunci Sukses Berjualan Di Instagram

 

 

Bisnis Online Siap Terkena Dampak Algoritma Instagram Baru

 

Tinggalkan Beban dan Mulailah Melangkah

 

 

Solusi Jika Tak Bahagia di Tempat Kerja

 

Cara Menjual Produk Barang Secara Online di Internet

  

 

 

Bagaimana Cara Memberi Password Wifi Internet Speedy

Cara Mendapatkan uang dari ponsel Android Dengan aplikasi WHAFF

 

Cara Baru Mengetahui Password & Hack Akun email

  Bertanya PR dan Tugas Sekolah via aplikasi HP

 

   

Perbedaan Berbagai Web Hosting Server

 

 

Cara Membuat Aplikasi Android

 

http://janglischool.blogspot.com

 

Apakah Blog atauWebsite kita sudah Dipercaya Netizen ?

 

 

 

 

 

 

 Cara Mengganti Password Wifi Indihome

  

 

 Investasi melalui Dot Com

 

 

 


 Cara Membuat Akun Paypal

 

   

 

Bisnis Warnet Pemula

 

 

 
 

Mengoptimalkan Usaha dengan Berbasis Internet

 

 

Perlunya Membuat Website dan Melakukan Internet Marketing

 

 

 

Langkah Mudah Membuat Google+ Bisnis Page

 



Apa itu Facebook Advertising dan Facebook Viral Marketing

 

 

 

Memanfaatkan BBM Channel Jejaring Sosial di BlackBerry Messenger Untuk Fanspage Bisnis

 

 

 

 

Apa itu Pengertian Backlinks?

 

 

http://janglischool.blogspot.com 

Bisnis Online permudah untuk Kaya Raya, Sukses Mulia

 

 

 

Apakah Bisnis Online hanya cukup dengan website saja ?

No comments:

Post a Comment