Hosting Indonesia

Monday 1 August 2016

Strategi Meningkatkan Penjualan Toko Online




Sis and Bro seperti kita ketahui bahwa pada saat ini banyak sekali toko online bermunculan seiring dengan semakin meluasnya penggunaan internet oleh masyarakat seluruh kalangan. Akan tetapi banyak pengusaha toko online yang mengeluhkan begitu sulitnya untuk menjual melalui internet sekalipun mereka sudah memiliki website.



Akibatnya, penjualan dari waktu ke waktu terus merosot. Dan tak sedikit juga yang akhirnya memilih untuk tidak melanjutkan usaha toko onlinenya dan memutuskan untuk menjual secara konvensional (offline).


Pastinya Sis and Bro tidak mau mengalami hal itu kan?



Kami yakin bahwa tidak ada masalah yang tidak memiliki jalan keluarnya di dunia ini. Nah.. apakah Sis and Bro mau tau bagaimana strategi penjualan toko online?



Silahkan siapkan segelas teh atau kopi, kemudian lanjutkan untuk membaca secara perlahan, jangan terburu-buru agar inti dari setiap paragraf bisa Sis and Bro pahami.



1. Buat Target Minimal dan Optimal

Hal pertama yang harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja bisnis adalah menetapkan target penjualan. Target penjualan ini akan menjadi motivasi bagi Sis and Bro untuk meningkatkan kinerja dan kedisiplinan dalam menerapkan strategi.



Buatlah target yang diatas kemampuan Sis and Bro secara signifikan. Karena apabila target yang Sis and Bro tentukan kecil, tentu akan berpengaruh juga terhadap keuletan Sis and Bro dalam berbisnis.



Target ini bisa Kami kategorikan menjadi dua, target minimal dan target optimal.



Target minimal adalah target penjualan yang harus dicapai agar bisnis Sis and Bro bisa tetap hidup. Dalam menentukan target, bisa berupa nilai omset atau berupa kuantiti penjualan. Misalnya kebutuhan operasional bisnis Sis and Bro dalam sebulan membutuhkan biaya 5 juta. Nah, itu harus menjadi target minimal. Jika tidak tercapai berarti bulan depan bisnis Sis and Bro memasuki masa krisis.



Yang dimaksud target optimal adalah target yang melebihi target minimal. Dalam menentukan target ini bisa juga menjadikan target minimal tadi sebagai acuan. Target optimal harus 50% lebih besar dari target minimal.



Jika Sis and Bro telah mendapatkan angka untuk kedua target tadi, langkah selanjutnya adalah menutup angka target minimal dan fokuslah kepada target optimal. Itu yang harus Sis and Bro perjuangkan dengan keras. Karena jika Sis and Bro membidik target optimal secara otomatis target minimal pun termasuk menjadi bagiannya.



Mungkin sempat terlintas di pikiran Sis and Bro seperti ini "Ah kalau begitu sudah saja, buat hanya satu target yaitu target optimal"



Jadi begini, ketika Sis and Bro mengetahui target minimal ini akan menjaga usia bisnis Sis and Bro agar lebih panjang. Dan juga, target minimal akan menjadi acuan penting dalam membuat target optimal seperti yang tadi dijelaskan. Tercapai atau tidaknya target optimal, setidaknya bisnis Sis and Bro masih bisa bernafas dan tetap sehat.



Seperti yang diungkapkan ahli ekonomi terkenal Tung Desem Waringin: " bermimpilah setinggi bintang di langit. Ketika tidak tercapai pun setidaknya Sis and Bro tidak berlumuran lumpur.."



2. Promosi Tertarget



Banyak para pelaku bisnis yang kerap melakukan kesalahan dalam promosi. Kesalahannya yaitu tidak efektifnya aktivitas promosi karena tidak tertarget kepada pangsa pasar.



Lantas bagaimana cara menargetkan promosi?



Kenali dulu produk Sis and Bro, coba analisis kalangan seperti apa yang banyak membutuhkannya? Kemudian cari komunitas yang sesuai tawarkan kepada mereka produk yang Sis and Bro jual. Komunitas ini bisa dengan mudah Sis and Bro cari di group facebook. Bergabunglah dengan group yang sesuai dengan pangsa pasar Sis and Bro, kemudian tawarkan kepada mereka produk yang Sis and Bro jual.



Misalnya Sis and Bro menjual sepatu futsal, maka cari group facebook tentang futsal. Dengan begitu peluang mereka untuk membeli produk Sis and Bro akan lebih besar. 



3. Utamakan Pelayanan Bukan Penjualan

Inti dari bisnis pada akhirnya memang melakukan penjualan seluas-luasnya dan sebanyak mungkin. Akan tetapi jangan sampai Sis and Bro keliru, mengutamakan penjualan dengan mengabaikan pelayanan. Sis and Bro harus ingat bahwa bisnis yang baik adalah bisnis yang mengutamakan pelayanan. Terkadang faktor kualitas produk bukan satu-satunya alasan penentu bagi konsumen untuk mau membeli atau menggunakan produk Sis and Bro. Pelayanan yang ramah dan menyenangkan sangat mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli.



Lalu bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik?



Kuncinya sangat sederhana. Jalankan prinsip melayani konsumen sebagaimana kita ingin dilayani oleh orang lain. Sapaan personal membuat konsumen merasa dekat dengan kita. Dan mereka pun akan cepat respect terhadap apa yang kita tawarkan.



Dan jangan lupakan pelayanan purna jual atau sering juga disebut dengan after sales service. Sebab kita wajib untuk melakukan after sales service dengan sebaik-baiknya, karena manfaatnya akan sangat kita rasakan, manakala pelanggan kita merasa sangat puas dengan pelayanan kita.



4. Jelaskan Manfaat dan Keunggulan

Banyak para sales yang menjual produk dengan hanya menjelaskan seputar kondisi produk secara langsung. Sebenarnya cara seperti itu tidak salah. Akan tetapi ada hal lain yang perlu dikedepankan. Yaitu mengenai manfaat produk yang Sis and Bro tawarkan dan keunggulannya dibanding dengan produk dari pesaing.



Apalagi dalam jual beli online antara pembeli dan penjual tidak bertatap muka langsung. Bahkan produk yang akan diperjualbelikan pun hanya berupa foto dan deskripsi saja. Calon konsumen tidak bisa melihat, menyentuh dan mencoba produk Sis and Bro sebelum membeli.



Apabila Sis and Bro sudah dapat menjelaskan manfaat dan keunggulannya, biarkan konsumen yang menentukan apakah mereka membutuhkan atau tidak. Jika butuh, mereka akan bertanya lebih jauh lagi mengenai cara pemesanan dan pembayaran. Namun jika tidak, bisa jadi mereka akan menunda untuk membeli pada saat itu dan akan menghubungi Sis and Bro ketika membutuhkan dikemudian hari.





5. Targetkan Kepuasan

Menjual bukan semata memberikan barang kepada konsumen, lalu Sis and Bro mendapatkan uang. Menjual harus memberikan solusi terhadap apa yang konsumen butuhkan. Bantulah konsumen untuk membeli produk Sis and Bro, bukan sekedar menjual. Setelah mereka membeli produk Sis and Bro, tanyakan apakah barang tersebut sesuai dengan keinginannya atau tidak.



Jika kebutuhan mereka terpenuhi oleh produk yang Sis and Bro jual, konsumen akan merasa puas terhadap kualitas produk. Terlebih lagi terhadap pelayanan Sis and Bro yang membuat mereka merasa aman bertransaksi dengan Sis and Bro.



Kepuasan pelanggan sangat berharga bagi penginkatan reputasi bisnis. Konsumen yang puas dengan sukarela akan mempromosikan produk Sis and Bro kepada teman atau saudara mereka.


Semoga dengan artikel 5 Strategi Penjualan Toko Online ini akan memberikan inspirasi bagi bisnis online Sis and Bro. Peningkatan usaha bukan semata ditentukan oleh seberapa luas wawasan Sis and Bro terhadap bisnis yang sedang dijalankan. Akan tetapi ditentukan juga oleh seberapa cepat dan tepat strategi yang Sis and Bro gunakan.

Cukup sekian semoga bermanfaat dan salam hangat Kopi Banaran....!!
===============================================

Naaah..Sis and Bro sudah dapat ilmunya, sebagai ungkapan terima kasih silahkan membeli produk Cafe Kindoyo dibawah ini, nggak mahal kok, silahkan Telpon / WA / SMS ke 0812 2508 9203 atau bbm 57038980, atau bisa juga membeli langsung melalui lapak kami di Tokopedia, Elevenia, bukalapak maupun Toko One, langsung saja klik link berikut :


Beli Teh Hijau Pucuk Merah Via :
Tokopedia 
Bukalapak


Beli White Tea / Teh Putih Via :
Tokopedia
Bukalapak


https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-premium
 Beli Kopi Banaran Premium Via :
 Tokopedia

 Elevenia

 Bukalapak

 Toko One



https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/banaran-original


Beli Kopi Banaran Original Via :
Tokopedia

Elevenia

Bukalapak

Toko One



https://www.tokopedia.com/cafekindoyo/arabica-roasted-bean

Beli Kopi Banaran Arabica Roasted Bean :
Tokopedia

Elevenia

Bukalapak
Toko One 


=========================================================================

  Artikel Lainnya :  

 

Download dan Sekilas Serunya Game Pokemon Go

 

 

 

Cara Membuat Foto Profil Bergerak Di Facebook

 

 

Cara membuat Foto Melayang by Levitation Photography Camera

 

 

Bagaimana Cara Menulis Judul Penawaran Penjualan Online

 

 

 

Bisnis Online Hanya Dengan Website Bisakah?

  Pasang Iklan di Medsos atau Mesin Telusur ya?

  

Cara Menggunakan Twitter untuk Toko Online

  Cara Download dan Instal BBM untuk PC atau Laptop


 

Cara Mendapatkan Uang Dari Ziddu

   

 

 

  Bagaimana Cara Kerja Corong Multi-Saluran di Google Analytics

 

Bagaimana Membangun Aset Digital Untuk Bisnis Kita

 

 

Bagaimana Cara Menjadi Reseller Dropship Produk Café Kindoyo

 

 

Beberapa Manfaat Teh Hijau

  

 

Manfaat White Tea (teh putih) Yang Menyehatkan

 

Apa Saja Kebutuhan Konsumen Toko Online

 

  Apa itu Experiental Marketing?

 

 

Seberapa Penting Beriklan di Facebook

 

  Perkembangan Pasar Online di Indonesia

 

 

Fitur Advertising Terbaru Facebook (kunci sukses 2)

 

Kunci Sukses Facebook Advertising (1)

 

Cara Menangani Konsumen Toko Online Dengan Bijaksana


 

Cara Mudah dan Cepat Download Video di Facebook

 

Fiber Optik adalah kabel dari kaca atau plastik

 

Kunci Sukses Berjualan Di Instagram

 

 

Bisnis Online Siap Terkena Dampak Algoritma Instagram Baru

 

Tinggalkan Beban dan Mulailah Melangkah

 

 

Solusi Jika Tak Bahagia di Tempat Kerja

 

Cara Menjual Produk Barang Secara Online di Internet

  

 

 

Bagaimana Cara Memberi Password Wifi Internet Speedy

Cara Mendapatkan uang dari ponsel Android Dengan aplikasi WHAFF

 

Cara Baru Mengetahui Password & Hack Akun email

  Bertanya PR dan Tugas Sekolah via aplikasi HP

 

   

Perbedaan Berbagai Web Hosting Server

 

 

Cara Membuat Aplikasi Android

 

http://janglischool.blogspot.com

 

Apakah Blog atauWebsite kita sudah Dipercaya Netizen ?

 

 

 

 

 

 

 Cara Mengganti Password Wifi Indihome

  

 

 Investasi melalui Dot Com

 

 

 


 Cara Membuat Akun Paypal

 

   

 

Bisnis Warnet Pemula

 

 

 
 

Mengoptimalkan Usaha dengan Berbasis Internet

 

 

Perlunya Membuat Website dan Melakukan Internet Marketing

 

 

 

Langkah Mudah Membuat Google+ Bisnis Page

 



Apa itu Facebook Advertising dan Facebook Viral Marketing

 

 

 

 

Memanfaatkan BBM Channel Jejaring Sosial di BlackBerry Messenger Untuk Fanspage Bisnis

 

 

 

 

Apa itu Pengertian Backlinks?

 

 

 

 

Apakah Bisnis Online hanya cukup dengan website saja ?

No comments:

Post a Comment